Rekayasa arus lalu lintas saat gelaran Semarang Merdeka Flower Festival 2024. foto : dishub

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Guna mendukung kelancaran event Semarang Merdeka Flower Festival yang diselenggarakan pada Sabtu 24 Agustus 2024, Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Perhubungan Kota Semarang akan memberlakukan pengalihan arus lalu lintas pada sejumlah ruas jalan di sepanjang rute yang dilalui festival.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Danang Kurniawan, mengatakan, pengalihan arus lalu lintas akan dimulai pada Sabtu 24 Agustus 2024 pukul 12.00 WIB, di titik-titik jalan menuju lokasi start festival di Balai Kota Semarang, Jalan Pemuda 148 .

Ruas Jl. Pemuda dari Simpang Paragon akan dialihkan memutar melalui Jl. Pemuda dan kemudian menuju Jl. MH Thamrin. Sementara itu, arus lalu lintas dari Depok yang biasanya menuju pusat kota akan dialihkan ke Jl. MH Thamrin.

Peserta Semarang Merdeka Flower 2023 dengan replika Balai Kota Semarang berhias bunga-bunga. Foto: Dok Disbudpar Kota Semarang

“Pengalihan arus lalu lintas juga akan dilakukan di Jl. Pekunden sehubungan dengan penutupan Jembatan Rusunawa,” kata Danang di sela-sela persiapan rekayasa arus lalu lintas di Jalan Pemuda, Kamis 22 Agustus 2024.

Dirinya menjelaskan, untuk kendaraan yang melintas di Simpang Kyai Saleh (Eka Karya), pengalihan arus akan dilakukan mulai dari traffic light Gedung Golkar. Sementara untuk arus Jl. MH Thamrin akan dialihkan di Simpang Fatimah Zahra menuju Kampung Kali untuk mengurai kepadatan arus.

“Kami menghimbau warga masyarakat yang akan menikmati Semarang Merdeka Flower Festival untuk dapat memarkirkan kendaraan mereka di kantong parkir yang telah kita sediakan secara tertib dan rapi,” terang Danang.

Pengalihan arus juga akan dilakukan di Jl. Pahlawan mulai bundaran air mancur, sehingga kendaraan tidak melintasi area festival. Sementara itu, kendaraan yang datang dari Jl. Ahmad Yani akan dialihkan ke Jl. Erlangga Timur.

“Pemerintah Kota Semarang telah menyiapkan beberapa lokasi parkir alternatif yang nyaman untuk memastikan kendaraan tidak menghalangi jalur festival dan tetap berada dalam jangkauan yang aman. Antara lain DP Mall, SMA 3, SMA 5, Paragon,” lanjut Danang.

Bagi warga yang akan melintasi area festival, disarankan untuk menggunakan jalur alternatif sesuai dengan rute pengalihan yang telah diatur oleh Dinas Perhubungan Kota Semarang.

“Masyarakat kita harapkan untuk mengikuti arahan petugas di lapangan demi kelancaran bersama,” tutup Danang.

Semarak Semarang Merdeka Flower Festival sebagai salah satu rangkaian perayaan HUT ke-79 RI ini digadang-gadang mampu menjadi magnet wisatawan. Parade bunga yang menampilkan berbagai jenis bunga lokal dan nasional, serta mobil hias yang menarik ini akan menempuh rute sepanjang 2.8 kilometer.

Peserta karnaval memulai parade dari Balaikota di Jalan Pemuda, melewati Jalan Pandanaran dan berakhir di Simpang Lima.

Parade bunga ini akan diikuti oleh wali kota Semarang beserta jajarannya yang juga akan mengayuh sepeda berhias bunga bersama berbagai instansi pemerintah, sekolah, komunitas, hingga perusahaan swasta, yang semuanya akan bersaing untuk menampilkan dekorasi terbaik.

Selain Semarang Merdeka Flower Festival, dalam rangka resepsi HUT ke-79 Republik Indonesia, masyarakat juga akan dihibur dengan berbagai event menarik lainnya seperti hiburan musik dengan artis-artis nasional, Dike Sabrina, Pandora band pada 24 dan 25 Agustus, chef competition, barista competition pada 25 Agustus 2024.

Hery Priyono