Petugas Dishub Kabupaten Wonogiri, turun ke jalan bertugas melakukan pengaturan lalu lintas bersamaan dengan digelarnya event gerak jalan sehat massal yang mengambil start dan finish di Alun-alun Giri Krida Bakti.(Dok.Ist)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Event mingguan Car Free Day (CFD) Kota Wonogiri, mulai Minggu (25/8/24) akan dipindah lokasinya ke ruas Jalan Gatot Subroto. Mulai dari Bangjo Polsek Wonogiri Kota, ke arah utara sampai ke depan ujung utara Stadion Pringgondani Wonokarto, Wonogiri.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri, Waluyo, dan Kabid Lalu Lintas Dishub Joko Pramono, menyatakan, upaya memindahkan event CFD atau Car Free Sunday (CFS) tersebut, karena akan ada pekerjaan pembangunan pisik perbaikan drainase dan revitalisasi trotoar.

Lokasi revitalisasi berada di kompleks Alun-alun Giri Krida Bakti, Patung Bung Karno, dan di sepanjang ruas Jalan Ir Sukarno serta ruas Jalan Pemuda, yang selama ini digunakan untuk CFD. ”Tentang kepastian harinya, masih dikoordinasikan dengan Pemerintah Kelurahan Wonokarto,” jelas Waluyo.

Ketua Paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) Kompleks Alun-Alun Giri Krida Bakti, Supriyono, menyatakan, semua PKL di Alun-alun mulai awal Bulan September 2024, akan direlokasi di depan Pasar Wonogiri Kota dan Terminal Angkot.

Tiga Bulan

Pekerjaan revitalisasi drainase dan trotoar tersebut, berlangsung mulai awal Bulan September 2024, dan diprediksikan membutuhkan waktu 3 bulan. Yakni meliputi revitalisasi di ruas Jalan Ir Sukarno dengan pagu anggaran Rp 4,9 miliar lebih, dan ruas Jalan Pemuda dengan pagu anggaran Rp 3,09 miliar lebih.

Dalam rapat koordinasi (Rakor) membahas rencana revitalisasi dan pemindahan event CFD serta relokasi para PKL, diupayakan agar selama dilakukan pekerjaan pisik, tidak disertai penutupan jalan. Diusahakan, arus lalu lintas tetap lancar dengan pengaturan pekerjaan bisa dilakukan tanpa terjadi keruwetan atau kemacetan.

Sebagaimana diketahui, event mingguan CFD Kota Wonogiri (hari bebas kendaraan bermotor) semula digelar di ruas jalan protokol Kota Wonogiri. Memanjang sejak perempatan Bangjo Gudengseng ke arah utara sampai dengan perempatan lampu traffic light di Ponten (depan BPD Jateng Wonogiri).

Tapi kemudian dipindah ke ruas Jalan Pemuda, sebagaimana yang sekarang berlangsung. Yakni menggunakan ruas jalan sejak dari perempatan Bangjo Ponten ke arah timur, sampai di Tugu Empat Lima sebelah barat Jembatan Juranggempal Kota Wonogiri.(Bambang Pur)