Peserta Semarang Merdeka Flower 2023 dengan replika Balai Kota Semarang berhias bunga-bunga. Foto: Dok Disbudpar Kota Semarang

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kota Semarang akan kembali semarak dengan acara spektakuler di akhir pekan ini, yaitu rangkaian resepsi HUT ke-79 RI tingkat Kota Semarang pada 23-25 Agustus 2024 mendatang.

Salah satu yang digadang-gadang mampu menjadi magnet wisatawan adalah even “Semarang Merdeka Flower Festival” yang akan digelar pada Sabtu (24/8). Rute sepanjang 2.8 kilometer akan ditempuh para peserta karnaval mulai dari Balai Kota di Jalan Pemuda, melewati Jalan Pandanaran dan berakhir di Simpang Lima.

Acara yang diprakarsai oleh Pemerintah Kota Semarang melalui Disbudpar ini akan menghadirkan berbagai kegiatan menarik, termasuk parade bunga yang menampilkan berbagai jenis bunga lokal dan nasional, serta mobil hias yang berhiaskan bunga asli minimal sebanyak 50%.

Rencananya, Wali Kota Semarang beserta jajarannya juga turut memeriahkan dengan naik sepeda berhias bunga.

Parade bunga ini juga akan diikuti oleh berbagai instansi pemerintah, sekolah, komunitas, hingga perusahaan swasta, yang semuanya akan bersaing untuk menampilkan dekorasi terbaik. Bahkan Pemkot Semarang juga telah menyiapkan hadiah dengan total puluhan juta rupiah untuk memeriahkan acara ini.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, mengajak seluruh warga kota Semarang untuk turut serta memeriahkan acara ini.

“Semarang Merdeka Flower Festival ini adalah acara dari warga, oleh warga, dan untuk warga. Saya mengajak seluruh masyarakat kota Semarang untuk datang bersama keluarga dan teman-teman, menikmati kemeriahan serta beragam hiburan yang telah disiapkan,” ujar wali kota yang akrab disapa Mbak Ita.

Ia juga menambahkan bahwa festival ini bukan hanya sebagai hiburan semata, tetapi juga sebagai bentuk penghargaan terhadap semangat gotong royong dan kebersamaan yang menjadi ciri khas warga kota Semarang.

Tidak hanya itu saja, selama rangkaian even akan ada bazar UMKM binaan Dinas Perindustrian di Lapangan Pancasila Simpang Lima. Usai karnaval, pada Sabtu malam (24/8) akan digelar Resepsi HUT RI ke-79 dengan konsep pentas seni dengan menghadirkan berbagai grup band lokal dan nasional.

Dalam kesempatan yang sama, mbak Ita juga menyampaikan bahwa acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan sekaligus magnet wisatawan.

Anak-anak muda dan mobil berhiaskan bunga dalam Semarang Merdeka Festival tahun 2023 lalu. Foto: Dok. Disbudpar Jateng

“Yang penting kita jaga bersama kebersihan sehingga wisatawan yang berkunjung ke kota Semarang bisa menikmati dan tidak kapok untuk menyaksikan even-even di Kota Semarang,” ujarnya.

Dengan beragamnya kegiatan yang akan digelar, mulai dari Semarang Merdeka Flower Festival hingga Resepsi HUT RI Ke-79 diharapkan dapat menarik ribuan pengunjung baik dari dalam maupun luar kota Semarang. Hal ini yang kemudian memberikan multiplier effect bagi perekonomian di ibu kota Jawa Tengah.

Pemerintah Kota Semarang pun telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan acara ini berjalan lancar dan aman. Mulai dari pengaturan arus lalu lintas hingga penempatan petugas kebersihan untuk menjaga agar area festival tetap bersih dan nyaman.

Hery priyono