ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Banyak orang mengganti ponselnya dengan alasan karena baterainya sudah tidak bisa bertahan seharian dalam sekali pengisian daya. Daripada mengganti baterainya, mereka lebih memilih untuk membeli ponsel baru.

Sering memakai HP secara berlebihan dan lama dengan banyak aplikasi berat. Jelas hal ini bisa membebani kinerja HP sehingga memakan daya baterai dengan rakus. Intensitas cahaya yang terang, mungkin sangat Anda butuhkan agar menatap layar HP bisa lebih jelas.

Dilansir dari Suara.com, memang tidak bisa dipungkiri baterai ponsel secara alami akan mengalami penurunan seiring dengan penggunaannya. Walaupun tidak mungkin untuk menghentikan degradasi baterai sepenuhnya, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu mengurangi dan memperlambatnya.

Berikut beberapa hal yang mesti kamu perhatikan untuk mencegah kerusakan pada baterai ponsel, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Membiarkan ponsel mati

Hampir semua pengguna pernah mengalami baterai ponselnya drop hingga hampir habis, bahkan membuat ponsel kamu benar-benar mati. Nah, cara melindungi baterai ponsel dengan mudah yakni tidak membiarkannya habis hingga nol.

Namun, jika kamu sering melakukannya tentu akan menurunkan baterai dan mengurangi kesehatan dan kapasitas pengisian dayanya. Untuk itu, pastikan kamu sudah mencolokkannya sebelum mencapai nol persen.

Cara terbaik untuk mencegah ponsel terlalu mendekati nol, yakni dengan mencolokkannya saat kamu mendapatkan pemberitahuan baterai lemah, biasanya saat daya tersisa 20%.

2. Membiarkan ponsel dalam suhu ekstrem

Kondisi suhu yang eksrem itu bisa merusak baterai ponsel. Sebab ponsel sudah dirancang untuk beroperasi dan mengisi daya dalam kondisi suhu tertentu. Baterai ponsel akan terpengaruh saat panas atau dingin yang ekstrem.

3. Menggunakan pengisian daya dan kabel berkualitas buruk

Ketika mengisi daya janganlah melupakan untuk menggunakan pengisi daya pabrikan atau merek terpercaya. Sebab dengan menggunakan pengisian daya dan kabel ponsel terpercaya atau bawaan itu akan mencegah kerusakan pada baterai ponsel.

Ketika menggunakan kabel yang tidak sesuai standar itu bisa menyebabkan ponsel memanas dan hampir tidak mengisi daya sama sekali. Dengan begitu tentu bisa mempengaruhi kinerja baterai ponsel.

4. Tidak menggunakan pengisian daya yang dioptimalkan

Sebagian ponsel memiliki langkah-langkah bawaan yang secara otomatis berhenti mengisi daya setelah mencapai kapasitas maksimum. Oleh karena itu, mengisi daya ponsel secara berlebihan dan menghancurkan baterai lebih merupakan mitos daripada fakta.

Jangan khawatir tentang menjaga ponsel tetap terpasang semalaman. Resikonya terhadap baterai kecil, dan ponsel lebih cerdas dari sebelumnya. Ponsel akan mengoptimalkan pengisian daya dan menurunkan baterai ponsel.

5. Kurang memperhatikan waktu pakai baterai

Waktu adalah faktor paling signifikan dalam merusak baterai. Sebagian besar ponsel memiliki opsi yang memungkinkan kamu melihat kesehatan baterai di menu pengaturan, atau dengan menggunakan aplikasi, sehingga kamu bisa memantaunya setiap waktu.

Nah, itulah setidaknya ada 5 kesalahan yang dapat merusak kesehatan baterai ponsel. Semoga saja kamu bisa menghindari kesalahan tersebut dalam menggunakan ponsel.

Claudia