Penampilan Drumblek dari SD Wonderkids Purwodadi menarik perhatian, karena menggunakan alat perkusi yang tidak biasa. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Jalan protokol di kota Purwodadi, Grobogan padat oleh warga, yang ingin menyaksikan pawai karnaval pembangunan, Senin 19 Agustus 2024.

Bupati Grobogan Sri Sumarni melepas 64 peserta Karnaval Pembangunan dari tingkat PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs pada Senin, 19 Agustus 2024, di Jalan Gatot Subroto, di depan pintu masuk Pendopo Kabupaten Grobogan.

Karnaval Pembangunan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-79 RI. Terlihat ribuan masyarakat Kabupaten Grobogan berbondong-bondong melihat aksi para peserta Karnaval Pembangunan yang dimulai dari garis start yakni Jalan Gatot Subroto dan berakhir di Jalan Suhada, Kota Purwodadi.

Sebelum melepas keberangkatan peserta karnaval, , Bupati Grobogan Sri Sumarni beserta jajaran Forkopimda, jajaran Kepala OPD se Kabupaten Grobogan dan masyarakat melihat langsung aksi Polisi Cilik yang diperagakan para siswa-siswi dari SDN 1 Kuripan.

Sebagai informasi, Polisi Cilik binaan Sat Lantas Polres Grobogan ini mendapatkan juara tiga tingkat Polda Jateng beberapa waktu lalu. Sebelumnya, Pocil tersebut merupakan juara pertama tingkat Kabupaten Grobogan yang memperebutkan Piala Kapolres dalam rangka Hari Bhayangkara ke 78.

Aksi Pocil ini menarik perhatian masyarakat, pasalnya para personelnya menggunakan seragam ala anggota Brimob, melakukan gerakan baris-berbaris dengan rapi dan kompak. Gerakan diakhiri dengan penampilan medley tari tradisional, baik dari daerah Jawa Tengah, Batak dan daerah lainnya di Indonesia.

Penampilan Paskibraka menandai dibukanya Karnaval Pembangunan di hari pertama. Foto: Tya Wiedya

Setelah dilakukan pelepasan, rombongan peserta karnaval langsung berangkat. Urutan nomor pertama yakni SMPN 1 Purwodadi. Disusul dengan rombongan kedua dari sekolah alam Al Akbar dan dilanjutkan dari sekolah lainnya.

Cuaca yang panas ternyata bukan penghalang bagi masyarakat. Mereka tetap menonton di pinggir jalan yang sudah disediakan petugas. Adapun rute Karnaval Pembangunan yang digelar ini yakni Jalan Gatot Subroto – DI Panjaitan – Siswamiharja – R Suprapto – MT Haryono – Suhada.

Ketua Panitia Karnaval Pembangunan, Tondi Sumarjaka mengatakan pada Karnaval Pembangunan sebelumnya hanya diikuti 59 peserta saja. Pasalnya, gelaran Karnaval Pembangunan pada 2023 lalu masih dilakukan dalam kondisi masih pandemi covid-19.

“Tahun lalu PAUD tidak ikut. Tahun ini mereka ikut serta dan ini sangat luar biasa antusiasnya,” ujar Tondi.

Selasa Karnaval Lagi

Untuk Karnaval Pembangunan tingkat Instansi maupun Badan dan Swasta akan digelar pada Selasa 20 Agustus 2024. Rute yang ditempuh dalam Karnaval Pembangunan di hari kedua nanti lebih panjang, yakni Jalan Gatot Subroto – DI Panjaitan – Hayam Wuruk – Dr Sutomo – Bundaran Simpang Lima – R Suprapto – MT Haryono – Suhada.

Momen yang dilaksanakan satu tahun sekali ini selalu mendapatkan perhatian dari masyarakat untuk berbondong-bondong untuk menyaksikan kegiatan tersebut di berbagai titik yang disediakan panitia.

Tya wiedya