Bendahara DPD PDIP Jawa Tengah, Agustina Wilujeng. (Foto: Diaz Abidin)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa masih jadi sosok yang berpeluang besar diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah.

“Kemungkinannya demikian,” kata Bendahara DPD PDIP Jawa Tengah, Agustina Wilujeng, di Kota Semarang, Rabu 14 Agustus 2024.

Dia menjelaskan, andai rekomendasi calon gubernur turun untuk Andika Perkasa, maka pihaknya harus penuh mendukungvpemenangannya di pemilihan Gubernur (pilgub) Jateng.

“Kalau PDIP Jawa Tengah diberi (mandat menangkan) Pak Andika Perkasa, kita akan all out pastinya,” kata dia.

Sejauh ini, ucap Agustina, mengaku sudah mendapat arahan dari DPP PDIP untuk pemenangan Andika Perkasa.

Posisi Hendrar Prihadi

Seperti diketahui, DPD PDIP juga sudah punya kader lain yang mendaftar di partai politik untuk pilgub Jateng.

Sosok tersebut, salah satunya Kepala LKPP Hendrar Prihadi yang juga pernah menjabat Wali Kota Semarang.

Hendrar Prihadi juga punya potensi menjadi calon gubernur dari PDIP.

Dengan adanya kabar Andika Perkasa akan maju di pilgub Jateng, Agustina Wilujeng belum bisa memastikan tempat untuk Hendrar Prihadi.

“Pak Hendrar Prihadi memang kita gaungkan dari teman-teman di Jawa Tengah ini untuk bisa mengambil posisi gubernur. Kemudian ada arahan, kita harus Pak Andika. Jadi mungkin kalau pak Hendi (Hendrar Prihadi) yang kembali ke Kota Semarang saya kira bagus juga,” kata dia.

Di sisi lain, Agustina Wilujeng bilang, saat ini di Jawa Tengah sudah mendapat rekomendasi 19 daerah dari 35 kabupaten/kota di provinsi ini untuk maju pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

Untuk sisa rekomendasi lainnya akan diberikan setelah perayaan HUT RI Ke-79.

Diaz Abidin