Foto bersama siswa-siswi dan GURU SDN 1 Bringin sebelum kegiatan jalan sehat, Selasa 13 Agustus 2024. Foto: Susi E

JEPARA (SUARABARU.ID) – SDN 1 Bringin menggelar berbagai acara dalam rangka  peringatan HUT Ke – 79  Kemerdekaan RI. Acara “Semarak Kemerdekaan” ini dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 13 – 17 Agustus 2024. Hari pertama diawali dengan kegiatan jalan sehat sehat, makan bersama, pembagian doorprize jalan sehat dan diakhiri dengan kegiatan tukar kado.

Kegiatan jalan sehat diawali dengan doa yang dipimpin oleh  Kusaeri , S.Pd guru olahraga SDN 1 Bringin dan dilanjutkan dengan senam sehat dan jalan sehat yang diikuti oleh siswa – siswi SDN 1 Bringin serta dewan guru. Selain dari SDN 1 Bringin, siswa – siswi dan guru TK Perwira Bringin juga ikut memeriahkan acara pada pagi ini.

Siswa-siswi SDN Bingin senang dengan hadiah yang diterimanya. Foto: Susi E

Setelah senam sehat bersama anak berbaris urut dari siswa kelas 1 sampai kelas 6 dilanjut siswa siswi TK perwira tentu dengan dampingan bapak ibu guru melaksanakan kegiatan jalan sehat dengan berjalan disekitar lingkungan SD dan rumah warga sekitar.

Siswa – siswi menggunakan pakaian merah putih serta membawa bendera merah putih dengan tujuan nuansa hari kemerdekaan. Selama perjalanan di titik yang telah ditentukan, dibagikan kupon doorprize kepada setiap siswa yang nantinya akan diundi setelah kegiatan. Kupon dibawa siswa yang yang satunya dikumpulkan pada bapak ibu guru yang bertugas.

Semarak Kemerdekaan SDN 1 Bringin berlangsung meriah dan menyenangkan. Foto: Susi

Setelahnya siswa kembali ke sekolah dilanjutkan makan bersama di halaman sekolah. Hal ini dilakukan dengan tujuan pembiasaan siswa untuk selalu sarapan di pagi hari. Tidak lupa siswa diingatkan untuk selalu menjaga kebersihan. Setelah siswa selesai makan dilanjutkan dengan pembagian doorprize berisikan keperluan alat sekolah, dan perlengkapan lainnya.

Doorprize merupakan sumbangan dari bapak ibu guru serta para donator yang telah menyumbang. Pembagian doorprize dibagikan pada siswa yang beruntung dan ditutup dengan foto bersama siswa yang mendapatkan hadiah. Diakhir rangkaian  kegiatan hari ini kegiatan terakhir adalah tukar kado.

Sehari sebelumnya setiap siswa mengumpulkan hadiah yang sudah dibungkus kado dengan kisaran harga lima ribu rupiah. Kado yang telah dikumpulkan kemudian ditukar dengan kelas lain setelah itu dibagikan disetiap kelas dengan cara membentuk lingkaran kecil setiap kelas. Siswa memegang satu kado kemudian diputar kekanan setiap lingkaran dengan iringan musik.

Hal ini dilakukan dengan tujuan bukan hanya siswa beruntung yang mendapat doorprise tapi setiap siswa pulang membawa kado hasil dari teman yang lain. Indahnya berbagi adalah tujuan utama dari kegiatan tersebut. Selain itu kegiatan ini ditujukan untuk memupuk semangat dan rasa persatuan dan kesatuan siswa – siswi SDN 1 Bringin.

Rencana kegiatan hari Rabu dilanjutkan dengan upacara hari pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2024 dilanjutkan dengan rangkaian lomba 17- an yaitu lomba menyanyi dan makan kerupuk. Dilanjutkan kegiatan hari Kamis yaitu perlombaan mulai dari lomba voly, lomba tiup botol dan estafet air.

Di hari Jumat dilanjutkan kegiatan senam sehat dan lomba kebersihan serta keindahan kelas. Semarak kemerdekaan ditutup pada hari sabtu 17 Agustus 2024 dengan upacara hari peringatan RI ke- 79 dan dilanjutkan dengan pembagian hadiah lomba.

Hadepe – Susi Ermawati