Pemukulan gong oleh Rektor UKSW, Prof. Dr. Intiyas Utami . Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Sebanyak 2.245 mahasiswa baru (maba) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) berbaris rapi mengenakan busana putih dan hitam memadati Lapangan Sepak Bola dalam rangka Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) 2024, Senin (12/8/2024).

Deretan barisan maba yang berasal dari Sabang sampai Merauke ini berdiri dengan penuh semangat dan antusias untuk mengikuti OMB 2024.

Suasana lapangan dipenuhi dengan wajah penuh harapan, mencerminkan kebanggaan, dan kegembiraan maba memasuki fase baru sebagai mahasiswa di Kampus Indonesia Mini yang termanis. Arak-arakan maba dari setiap fakultas dengan membawa bendera pataka dipimpin oleh Dekan membuka rangkaian OMB dalam acara opening ceremony.

OMB 2024 yang mengusung tema “Toward A World Class Creative Minority” ini resmi dibuka oleh Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak. Turut hadir juga dalam kegiatan ini yakni pimpinan universitas, fakultas, dan direktorat serta ketua pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW) Drs. M.Z. Ichsanudin, M.M., dan bendahara pengurus YPTKSW Dr. Heri Usodo, S.E., M.Kom.

Selain itu, hadir juga dalam acara opening ceremony OMB Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Salatiga Dance Ishak Palit, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga Nunuk Dartini, S.Pd., M.Si., beserta para tamu undangan lainnya.

Sebagai tanda dimulainya kegiatan OMB 2024, Nunuk Dartini, S.Pd., M.Si., dan Pasi Bin Puanter Korem 073/Makutarama Kota Salatiga Mayor Inf Muhlisin melakukan pengalungan tanda peserta OMB dan dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Rektor Intiyas dan Drs. M.Z. Ichsanudin, M.M.

Setelah itu, perwakilan orang tua maba, Susiana menyerahkan bibit bunga anggrek kepada Rektor Intiyas sebagai simbol kepercayaan menitipkan putra putrinya kepada UKSW untuk tumbuh bersama, ditempa dan dididik menjadi generasi muda yang tangguh, tidak mudah menyerah, dan siap menghadapi segala kondisi.

Susiana mengungkapkan rasa bangga dan terima kasihnya karena untuk telah mendukung pendidikan anak bangsa dengan memberikan beasiswa diakonia karitatif kepada putrinya. “Kami sangat berterima kasih kepada UKSW karena telah memberikan beasiswa untuk anak-anak kami melanjutkan studi mereka di jenjang perguruan tinggi,” ungkapnya.

Menyambut hangat

Dalam sapaan hangatnya, Rektor Intiyas mengatakan pimpinan universitas menyambut dengan bangga kehadiran calon creative minority di kampus Indonesia Mini. “Selamat datang di kampus Indonesia Mini. Kami berbangga bisa menyambut seluruh maba yang berasal dari seluruh Indonesia,” imbuhnya.