SD Muhammadiyah 05 membawa pulang gelar juara KU-12 MilkLife Soccer Challenge-Semarang Sereis 1 2024. Foto: dok/milklife

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tampilnya MIN 1 Kendal dan SD Muhammadiyah 05 Semarang sebagai juara KU-10 dan KU-12 MilkLife Soccer Challenge-Semarang Series 1 2024, menandakan telah berakhir pula kejuaraan sepak bola putri yang digelar sejak Kamis (8/8/2024) lalu.

Di partai final yang digelar di Stadion Undip, Tembalang, Semarang, Minggu (11/8/2024), MIN 1 Kendal berhasil menundukkan ketangguhan SDN Wonotingal lewat adu penalti. Sedangkan di KU 12, SD Muhammadiyah 05 Semarang sukses menjadi kampiun, usai mengatasi perlawan sengit dari SDN Rejosari 01.

Ada yang unik di dua partai final itu. Keduanya harus mengakhiri dengan drama adu tendangan penalti. Bahkan di final KU-10, dilakukan penendang ketujuh, yang sekaligus menjadi sejarah penalti terpanjang pertama, dalam turnamen sepak bola putri besutan Bakti Olahraga Djarum Foundation dan MilkLife itu.

BACA JUGA: 94 Desa Rawan Kekeringan, Pemkab Siapkan 1.000 Tangki Air Bersih

MIN 1 Kendal pun berhasil keluar sebagai juara, usai menyarangkan empat gol ke gawang SDN Wonotingal. Tangis haru pun pecah, menyambut kemenangan itu. Sang penentu kemenangan, penjaga gawang MIN 1 Kendal, Aina Kamilia, mengaku sempat demam panggung dalam menghadapi babak penentuan itu.

”Awalnya sempat deg-degan takut kalah, apalagi di babak adu pinalti. Tapi aku harus berani karena banyak guru, teman-teman dan orang tua yang menonton langsung di stadion. Jadi kita harus juara,” kata pemain bernomor punggung 11 itu.

Laga seru juga terjadi di KU 12. Penentuan pemenang pun dilakukan melalui babak adu penalti. Dua penendang andalan SD Muhammadiyah 05, Alfara Bintang Kurnia dan Febriana Chelsea Aulia, sukses menyelesaikan tugasnya.

BACA JUGA: Tawuran di Brecong, Seorang Pemuda Terluka Sabetan Sajam

Kemenangan SD Muhammadiyah 05 ini disambut sujud syukur dari seluruh pemain. Haru bahagia dan ekspresi kegembiraan pun pecah di tengah lapangan.

Kapten tim SD Muhammadiyah 05, Alfara Bintang Kurnia, mengaku senang usai berlatih keras hanya selama dua bulan. ”Hampir takut akan kalah, takut berbuat kesalahan. Tapi pelatih terus memberi semangat, dan ada dukungan orang tua,” ungkap siswi yang juga meraih gelar Top Scorer KU-12, dengan total 9 gol.

Sementara itu, Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin mengatakan, sebagai kota terakhir, animo di Kota Semarang cukup tinggi dengan diikuti 692 peserta dari 42 Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD).

BACA JUGA: Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah Gelar Pertandingan Tenis Lapangan Pengayoman

Febriana Chelsea Aulia, siswi SD Muhammadiyah 05, salah satu pencetak gol penalti, diapit kedua orang tuanya. Foto: riyan

Dia berharap, agar pada gelaran MilkLife Soccer Challenge Series 2 2024, antusias maupun rasa kecintaan akan sepak bola lebih meningkat.

”Kami ucapkan selamat kepada seluruh pemenang. Bagi yang masih belum berhasil, jangan patah semangat. Karena masih ada kesempatan berlatih serta mempersiapkan diri untuk berlaga di Series 2,” ujar Yoppy.

Hal senada disampaikan Kepala Pelatih MilkLife Soccer Challenge, Timo Scheunemann. Dia menyebut, potensi para siswi di perhelatan Series 1 ini mulai bermunculan, dan sejumlah
nama di setiap kota sudah masuk dalam catatan tim talent scouting.

BACA JUGA: PLN UIK Tanjung Jati B Sabet Enam Penghargaan ENSIA Awards 2024, Bukti Nyata Inovasi Lingkungan dan Sosial

Diharapkan, pada series berikutnya, para guru dapat mengembangkan bakat anak didiknya secara maksimal, agar mereka mampu mengerahkan seluruh kemampuan terbaik.

”Pelatih sangat berperan penting untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki setiap siswi. Pun begitu dukungan orang tua, guru hingga kepala sekolah,” pesan pria yang memiliki lisensi kepelatihan UEFA A di Jerman sejak 2007 itu.

Pemenang MilkLife Soccer Challenge-Semarang Series 1 2024:
Kategori Usia 10
Juara: MIN 1 Kendal
Runner-up: SDN Wonotingal
Semifinalis: SDI Al Azhar 14 dan SD Nasima
Top Scorer: Elma Malika Arifi (SDI Al Azhar 14) dan Haura Isna Callysta (9 gol/MIN 1 Kendal)
Best Player: Elma Malika Arifi – SDI Al Azhar 14
Best Goalkeeper: Khanza Mutia Nindyanti (SDN Wonotingal)
Fairplay Team: SDI Al Azhar 14

Kategori Usia 12
Juara: SD Muhammadiyah 05
Runner-up: SDN Rejosari 01
Semifinalis: SDN Sendangmulyo 02 dan SDN Klepu 03
Top Scorer: Alfara Bintang Kurnia (SD Muhammadiyah 05) dan Khalisa Nabila Putri (9 gol/SDN Sendangmulyo 02)
Best Player: Raeesa Divya Nugraheni (SDIT Bina Insani Semarang A)
Best Goalkeeper: Chaila Nur Fadzilla (SDN Krobokan)
Fairplay Team: SDN Klepu 03

Riyan