General Manager PLN UIK Tanjung Jati B, Dony Ocniza, (kanan) saat menerima penghargaan. Foto: Humas PLN

JEPARA (SUARABARU.ID) – PLN UIK Tanjung Jati B kembali menorehkan prestasi gemilang di bidang lingkungan dan sosial. Dalam ajang Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) 2024 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada Rabu, 31 Juli 2024, PLN UIK Tanjung Jati B berhasil meraih enam penghargaan bergengsi, terdiri 2 gold,  2 platinum dan 2 silver.

ENSIA Awards merupakan bentuk apresiasi PT SUCOFINDO kepada pelaku usaha di Indonesia yang memiliki inovasi di bidang lingkungan dan sosial. Ajang ini diselenggarakan sejak tahun 2022 dan telah menjadi tolok ukur keberhasilan perusahaan dalam mengimplementasikan praktik-praktik berkelanjutan.

Dalam ajang Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) 2024 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada Rabu, 31 Juli 2024, PLN UIK Tanjung Jati B berhasil meraih enam penghargaan bergengsi, terdiri  2 Platinum, 2 silver  dan 2 Gold. Foto: Humas PLN

Enam penghargaan yang diraih PLN UIK TJB meliputi:

Efisiensi Energi: Gold untuk program “Pengendalian Kinerja Vacuum Condenser Melalui Dredging Intake Pond, Modifikasi Trabelling Band Screen, dan Pemasangan Additional Screen.”

Penurunan Emisi: Gold, untuk program “Modifikasi Optimize Force Oxidation Reaction with Flush Line Oxidatio Blower.”

Pengurangan Limbah B3: Platinum, untuk program “Pengurangan Pasir Sand Blast dengan Pemanfaatan Air Ash Run Off Pond sebagai Air Baku Proses FGD.”

Efisiensi Air: Silver, untuk program “Penurunan Beban Pencemar Air Pada Retention Basin Dengan Penambahan FGD Sedimentation Pond.”

Perlindungan Keanekaragaman Hayati: Silver, untuk program “Penanaman Vegetasi di Area PLTU Tanjung Jati B Menggunakan Campuran Pupuk dari Limbah Barnacle dan Kotoran Rusa.”

Tubanan Agroforestry: Platinum, untuk program pemberdayaan masyarakat berbasis agroforestri di Desa Tubanan.

Program-program inovatif PLN UIK Tanjung Jati B ini tidak hanya berhasil mengurangi dampak lingkungan dari operasional PLTU, tetapi juga memberikan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

General Manager PLN UIK Tanjung Jati B, Dony Ocniza, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian ini. “Penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen kami dalam menjaga kelestarian lingkungan dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan. Kami akan terus berinovasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.”

ENSIA Awards 2024 diikuti oleh ratusan perusahaan dari berbagai sektor di Indonesia. Penghargaan ini menjadi pengakuan atas upaya PLN UIK Tanjung Jati B dalam menjaga keseimbangan antara operasional bisnis dan tanggung jawab sosial serta lingkungan.

Hadepe