Ribuan orang menyaksikan pentas kesenian barongan di Lapangan Kridosono, Blora, Sabtu 10 Agustus 2024. Foto: Kudnadi Saputro

BLORA (SUARABARU.ID) — Pergelaran Barongan berlangsung sukses dan disaksikan ribuan penonton, di Lapangan Kridosono, kota Blora, Sabtu sore hingga malam 10 Agustus 2024. Barongan adalah kesenian tradisional khas yang menjadi salah satu ikon wisata budaya Kabupaten Blora.

Pergelaran pentas Barongan ini untuk menyemarakkan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, yang merupakan gelaran kerja sama Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora dengan Blora Sosial Media (Blosmed).

Pentas barongan berlangsung mulai pukul 15.00 WIB  hingga pukul 22.00 WIB menampilkan kesenian Barongan dari beberapa sanggar seni terkemuka di Kabupaten Blora, yakni Barongan Risang Guntur Seto, Barongan Praja Muda, Barongan Kumara Krida Mustika, Barongan Sangga Buana, Barongan Sekar Gading Seto, Barongan Singo Lumaksono, dan Barongan Sardulo Seto.

Animo masyarakat yang datang dari berbagai pelosok Blora cukup besar. hadir dalam acara, Bupati Blora, didampingi oleh Kapolres Blora, Kasdim 0721/Blora, Sekda Blora, Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora, serta Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Blora.

Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora, Pratikto Nugroho, menyampaikan bahwa tema pagelaran barongan kali ini, diharapkan dapat menjadi semangat baru bagi masyarakat Blora.

“Sesuai dengan tema pagelaran barongan kali ini yaitu ‘Semarak Kemerdekaan’. Harapan kita ini menjadi semangat baru untuk kita ke depan,” kata Kepala Dinkominfo Blora.

Kepala Dinkominfo Blora. menekankan pentingnya melestarikan barongan sebagai salah satu budaya khas Blora yang harus terus dikembangkan.

“Barongan menjadi satu-satunya budaya kita yang agung, yang harus kita terus kembangkan,” ucap Kepala Dinkominfo Blora.