Simpatisan dan relawan memasang spanduk dukungan kepada Hendrar Prihadi yang maju dalam Pilgub 2024. Foto: dok.RelawanGR

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Suasana politik di Jawa Tengah semakin menghangat jelang pembukaan pendaftaran pilkada serentak 2024, terkhusus dalam meraih rekomendasi PDI Perjuangan dalam pemilihan gubernur.

Hal ini terlihat dari terpasangnya spanduk dan baliho Hendrar Prihadi alias Hendi pada seluruh wilayah di Jawa Tengah. Menariknya, meski bertuliskan ‘Bergerak Bersama Jawa Tengah Hebat’, namun spanduk dan baliho tersebut tidak menuliskan Hendi sebagai bakal calon gubernur atau wakil gubernur Jawa Tengah.

Perwakilan Sekretariat Bersama Relawan Hendi For Jateng, Indratmoko, menyebutkan bahwa tidak dituliskannya posisi Hendi sebagai bakal calon gubernur atau wakil gubernur merupakan bagian dari sikap menghormati PDI Perjuangan sebagai partai yang menaungi Hendi.

“Pemasangan spanduk dan baliho tersebut merupakan bagian dari ikhtiar kami dalam mendukung mas Hendi. Namun kami menghormati DPP PDI Perjuangan yang sampai hari ini belum mengeluarkan rekomendasi untuk Pilgub Jateng 2024, sehingga dalam desain yang kami buat tidak menuliskan beliau sebagai bakal calon gubernur maupun wakil gubernur,” katanya, Senin 12 Agustus 2024.

Indratmoko pun menampik pemasangan baliho atau spanduk Hendi menjadi upaya mendorong atau mendesak DPP PDI Perjuangan untuk memberi rekomendasi kepada Hendi sebagai calon Gubernur Jawa Tengah.

“Sekali lagi ini ikhtiar dari seluruh elemen relawan yang ingin berekspresi memberi dukungan kepada Mas Hendi. Kalau mendorong apalagi mendesak tentu tidak. Kami sepenuhnya menghormati DPP PDI Perjuangan yang memiliki kewenangan penuh untuk memutuskan memberi rekomendasi kepada Mas Hendi atau tidak,” katanya.

Di sisi lain, Indratmoko mengungkap jika pemasangan spanduk dan baliho dilakukan secara gotong royong oleh seluruh oleh elemen relawan pendukung Hendi. Sedangkan terkait desain dirinya menyebutkan jika Sekretariat Bersama Relawan Hendi For Jateng hanya menyediakan desain dalam berbagai ukuran yang dapat diunduh relawan pada sebuah portal.

“Kalau desain memang kami sediakan untuk bisa didownload di website Hendi untuk siapapun bisa download di website HendiForGubJateng.com,” jelasnya.

Indratmoko sendiri mengklaim jika spanduk dan baliho Hendi sudah terpasang pada ribuan titik di wilayah Jawa Tengah.

“Kalau lihat kiriman dari grup-grup relawan jumlahnya yang memasang secara mandiri banyak sekali, jumlahnya mungkin puluhan ribu dan merata pada 35 Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah, ada yang bentuknya baliho, ada yang bentuknya spanduk, ada juga yang videotron. Ini bukti kecintaan masyarakat pada Mas Hendi,” katanya.

Hery Priyono