JEPARA (SUARABARU.ID) -Objek wisata Kali Ndayung memiliki potensi alam yang harus dikembangkan dan dijaga kebersihannya. Warga Kali Ndayung dan tim KKN Unisnu Desa Batealit menjalin kolaborasi dengan mitra BumDes Batealit membangun objek wisata dengan pemasangan papan iimbauan dan papan peringatan serta penyediaan tempat pembuangan sampah di objek wisata Kali Ndayung (12/8-2024).

Pemasangan papan himbauan dan papan peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan pengunjung mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan keselamatan di area wisata. “Papan-papan tersebut berisi informasi terkait aturan yang harus dipatuhi oleh pengunjung, serta imbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan,” tutur Tino Prastiyo Ketua tim Unisnu Desa Batealit.

Selain itu, kata Tino, penyediaan tempat pembuangan sampah di sekitar kawasan wisata dan juga jalan menuju Kali Ndayung diharapkan dapat memfasilitasi pengunjung dalam membuang sampah secara benar serta mengantisipasi terjadinya kecelakaan dan hal yang tidak diinginkan di sepanjang jalan wisata mengingat jalan yang dilalui sangat terjal. “Ini merupakan langkah nyata kami sebagai tim KKN untuk menjaga kebersihan lingkungan, keselamatan wisatawan dan keindahan alam yang ada di desa,” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Bumdes Batealit, sejumlah petugas wisata, warga Desa Batealit, dan tim KKN Unisnu. Mereka melakukan pemasangan papan informasi atau penunjuk arah di pintu utama Wisata Kali Ndayung. Sementara, papan peringatan dipasang di sepanjang jalan menuju wisata Kali Ndayung serta papan himbauan dan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di lokasi wisata Kali Ndayung.

Ahmad Muzayin ketua Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Batealit mengungkapkan rasa syukurnya atas inisiasi dari tim KKN Unisnu dan BumDes serta bantuan warga Desa Batealit. “Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin antara KKN UNISNU dan Bumdes dalam upaya meningkatkan kualitas wisata di Kali Ndayung. Pemasangan papan himbauan dan papan peringatan, serta penyediaan tempat pembuangan sampah, merupakan langkah penting untuk menjaga kebersihan dan keamanan di area wisata. Kami juga berkomitmen untuk melakukan pemantauan rutin terhadap kondisi tempat pembuangan sampah agar tetap bersih dan tidak menimbulkan masalah lingkungan” ungkapnya.

Tino Prastiyo selaku Ketua tim KKN Unisnu dan Kormades KKN Unisnu Desa Batealit menyampaikan harapannya bagi warga untuk terus mengembangkan objek wisata Kali Ndayung, serta menjaga kebersihan sekitarnya. “Papan imbauan dan tempat pembuangan sampah ini tak hanya sekadar dipasang saja, tapi menjadi prasarana bagi para pengunjung untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan,” harapnya.  Selain itu, ia juga menyampaikan kolaborasi ini dapat berlanjut dan menjadi contoh bagi kegiatan-kegiatan selanjutnya,” ujarnya.

ua/Era