Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Kepala Kantor Kemenag Sukarno bersama para penyuluh agama Islam, Senin 12/8.(Foto:SB/Humas Kemenag)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengungkapkan, Indeks Kesalehan Sosial (IKS) masyarakat di Kabupaten Kebumen naik sebesar 6,46% sepanjang tiga tahun terakhir.

Hal tersebut berdasarkan data dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kebumen di mana pada tahun 2021 IKS Kabupaten Kebumen sebesar 75,7 %, tahun 2022 80,36% dan di tahun 2023 naik lagi menjadi 82,16%.

“Peningkatan ini tentu berkat keberhasilan program -program yang telah dilaksanakan oleh Pemkab Kebumen sesuai dengan rekomendasi IKS tahun sebelumnya. Ini juga merupakan hasil sinergi yang baik dengan seluruh elemen yang ada, utamanya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen,” ujar Bupati pada acara Pembinaan Penyuluh Agama Islam di Pendopo Kabumian, Senin (12/08).

Hadir pada kegiatan yang mengangkat tema “Penguatan Peran Strategis Penyuluh Agama Islam Dalam Membangun Kabupaten Kebumen”ini diantaranya  Kepala Kankemenag Kebumen Sukarno, Kepala Bappeda Kebumen Bahrun Munawir, Kabag Kesra, serta sejumlah pimpinan OPD Pemkab Kebumen dan para pejabat di lingkungan Kankemenag Kebumen.

Para penyuluh agama Islam se Kebumen mengikuti pembinaan di Pendopo Kabumian, Senin 12/8. (Foto:SB/Humas Kemenag)

Pada kesempatan itu Bupati tidak lupa menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas capaian tersebut kepada Kemenag Kebumen. Bupati berharap kerjasama ini terus berlanjut dan ditingkatkan untuk kemajuan Pembangunan Kebumen.

Menyinggung slogan atau moto Kebumen Beriman, di hadapan para Penyuluh Agama Islam yang hadir, Bupati menegaskan, sampai saat ini pihaknya belum pernah mengeluarkan Surat Keputusan apapun yang menggantikannya.

Justru menurut Bupati, dengan bertambahnya slogan Kebumen “Semarak” (sejahtera, mandiri dan berakhlak bersama rakyat) di era kepemimpinannya malah bertujuan mendukung tercapainya Kebumen Beriman (bersih, indah, manfaat, aman dan nyaman).

“Motto itu kan harapan atau doa, jadi semuanya baik dan bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat Kebumen. Alhamdulillah kita berhasil memperoleh Piala Adipura untuk pertama kalinya setelah puluhan tahun menunggu,”ungkapnya.

Sebagai informasi, Adipura merupakan penghargaan bagi kota/ kabupaten di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Sementara Kakankemenag Kebumen Sukarno menyatakan bahwa peningkatan kesalehan umat beragama juga merupakan bagian dari visi misi Kemenag. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2020-2024.

Sukarno juga mengakui, selama ini pihaknya telah banyak dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen. Pihaknya sangat berterima kasih telah diberikan hibah tanah di kompleks Islamic Center yang rencananya akan dibangun Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu Kankemenag Kebumen.

“Terimakasih Pak Bupati dan mudah-mudahan kita senantiasa bisa bekerja sama dengan baik demi kemajuan Kabupaten Kebumen,”tutur Sukarno.

Terkait program “nandur wit nggo anak putu” Sukarno mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya telah berhasil menanam 64.142 pohon bekerja sama dengan calon pasangan pengantin yang akan menikah di KUA. Program ini berjalan dengan baik sejak April 2021 hingga saat ini.

Komper Wardopo