Rupbasan Pekalongan perkuat SDM Kehumasan. Foto: Humas

PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah terus berupaya menggodok jajarannya untuk memberikan kontribusi positif bagi Kementerian melalui kehumasan.

Di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Pekalongan, tim Humas Kanwil Kemenkumham Jateng memberikan penguatan, Kamis (8/8/2024).

Menurut Kepala Sub Bagian Humas, RB, dan TI Hazmi Saefi, kehumasan membantu organisasi dalam membangun dan menjaga citra positif di mata publik. Dengan strategi komunikasi yang tepat, humas dapat menciptakan kesan yang baik dan kepercayaan publik terhadap organisasi. Seperti dalam hal pemberitaan yang memerlukan teknik dalam menyusunnya.

Hazmi mengatakan, dalam menulis berita paling tidak harus ada statement yang dimunculkan, sehingga berita tersebut tidak terkesan dibuat-buat. “Berita (paling tidak) harus ada statement, berita tanpa statement seperti pengumuman,” terang Hazmi.

Humas, kata Hazmi, merupakan corong dari organisasi, yang mana bertanggungjawab atas penyebarluasan informasi-informasi serta mendukung tujuan organisasi.

Tips lainnya adalah saat akan melakukan peliputan harus membaca atau mencari informasi yang akan diliput. Ini untuk memudahkan humas dalam menyusun narasi berita pada saat kegiatan dilaksanakan. “Saat akan membuat berita (di lokasi), tinggal mengambil statement-statement saja,” jelasnya.

Sementara Kepala Rupbasan Pekalongan, Donny Setiawan menilai, kegiatan ini akan memicu semangat jajarannya dalam mempublikasikan kegiatan-kegiatan dan informasi-informasi baik di media sosial, media online dan media lainnya. “Kegiatan ini memberikan manfaat bagi glorifikasi positif untuk Kementerian kita khususnya di Rupbasan Pekalongan,” kata Donny.

Kegiatan pendampingan kehumasan ini diikuti oleh pejabat administrasi serta seluruh pegawai dan PPNPN Rupbasan Pekalongan.

Ning S