Siswa dan guru SDN 1,2, dan 3 Krasak Bangsri Foto bersama Sekretaris DKPP Jepara Sujima dan jajaran DKPP di Kebun Durian Krasak bangsri, Jumat, 9 Agustus 2024. Foto: SDN Kampus Krasak Bangsri

JEPARA(SUARABARU.ID) – Sebanyak 335 siswa SDN 1,2, dan 3 Krasak, Bangsri mendapat pelatihan penanaman bibit cabai di Waduk Teri (Wadah Edukasi Terintegrasi). Dalam kegiatan yang berlangsung pada Jumat (9/8/2024) pagi, para siswa yang berasal dari kelas 1—6 itu mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan penuh semangat dan sukacita.

Waduk Teri adalah wahana milik Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Jepara, yang berada di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pembenihan dan Pembibitan. Lokasinya tidak jauh dari SDN Krasak Kampus.

Koordinator kegiatan Ulin Nuha mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan untuk menunjang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema “Gaya Hidup Berkelanjutan”, yang merupakan kokurikuler dalam Kurikulum Merdeka. Didampingi guru kelas masing-masing, para siswa mengaku sangat senang dapat mempraktikkan secara langsung bagaimana cara menanam yang baik dan benar. Mereka dipandu oleh petugas serta siswa praktik kerja lapangan (PKL) dari SMKN Batealit.

Setelah mendapatkan pengarahan dari pemandu, masing-masing siswa praktik langsung menanam bibit cabai ke dalam polybag. Mereka juga diberikan penjelasan tentang komposisi yang terdiri dari tanah, pupuk organik, dan sekam (kulit padi) yang dibakar.

Selanjutnya tanaman cabai dibawa ke sekolah untuk mengisi pekarangan kelas. Hal ini dimaksudkan agar setiap hari, siswa memiliki kebiasaan merawat tanaman tersebut, mulai menyiram setiap pagi hingga memantau pertumbuhan tanamannya. Sementara para guru berharap, dengan kegiatan tersebut siswa memiliki sikap bertanggung jawab, mandiri, dan cinta lingkungan.

“Bagi kami tidak semata-mata mengharapkan hasil buahnya saja, melainkan lebih pada menciptakan pembiasaan perilaku positif siswa untuk kebiasaan bertanggung jawab merawat lingkungan” ungkap Ulin Nuha selaku koordinator kegiatan.

Sekretaris ­DKPP Kabupaten Jepara. Sujima yang didampingi kepada UPT Pembenihan dan Pembimbitan Bangsri, Arif Tjahyono. mengaku sangat senang dan bangga dapat memberi pelayanan edukasi pertanian kepada masyarakat, khususnya para siswa dari SDN Krasak Kampus. Dia berharap, tidak hanya SDN Krasak Kampus \yang melakukan kegiatan tersebut.

“Alangkah baiknya jika semua SD di wilayah Bangsri turut melakukan kegiatan yang sama. Selain bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, para siswa juga dapat belajar sambil bermain di alam,” ungkap Sujima.

Edukasi pertanian ini berjalan dengan lancar, tertib, dan nyaman berkat kerja sama baik antara para pendidik SDN Krasak Kampus, wali siswa, dan para pengelola lahan pembenihan dan pembibitan setempat. Salah satu Kepala SDN Krasak Kampus, Trisnindyati berharap kerja sama baik yang telah terjalin antara SDN Krasak Kampus dengan DKPP melalui Waduk Teri di UPT Pembenihan dan Pembibitan ini tidak putus sampai di sini.

“Melainkan menjadi program berkelanjutan yang memberikan manfaat luar biasa untuk peserta didik,” kata dia.

Wali siswa pun mengaku senang dan salut atas kegiatan tersebut. Mereka berharap kegiatan dapat menumbuhkembangkan sikap tanggung jawab kepedulian terhadap lingkungan, tidak hanya di lingkungan sekolah,  tapi juga di lingkungan rumahnya.

 

Hadepe – Ulin Nuha