Lima ekor burung unta dari Safari Beach Batang menjalani pemeriksaan. Foto: Diskominfo Batang.

BATANG (SUARABARU.ID) – Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (Dislutkanak) Kabupaten Batang melakukan pemeriksaan 5 ekor burung unta dari Safari Beach Batang, Jawa Tengah untuk dikirim ke Taman Safari Indonesia Bali.

Burung unta adalah salah satu jenis unggas spesies burung tak terbang yang berasal dari wilayah luas tertentu di Afrika.

“Bahwa kami melakukan tindakan pemeriksaan satwa, diantaranya memeriksa kelengkapan dokumen, Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari Dislutkanak Batang,” kata Dokter Hewan Dislutkanak Batang Ambar Puspitaningsih saat ditemui usai kunjungan pemeriksaan satwa di Safari Beach Jateng Batang, Kabupaten Batang, Selasa (6/8/2024).

Untuk itu, kami melakukan pemeriksaan hari ini supaya melihat langsung sehat atau tidak hewannya. Hasil pemeriksaan fisik tadi dinyatakan sehat dan juga dilakukan pemeriksaan laboratorium dimana sudah mengirim sampel darah ke Balai Besar Veteriner Wates untuk diujikan yang hasil laboratorium negatif dari antraks.

“Proses pemeriksaan satwa merupakan prosedur pengiriman hewan ke luar daerah Kabupaten Batang sebelum dikeluarkan SKKH,” jelasnya.

Sementara itu, Dokter Hewan Safari Beach Batang Jawa Tengah Danny Bagus Wibowo menyampaikan, permintaan dari Dinas Peternakan Provinsi Bali untuk hewannya bebas dari antraks, karena di sana sendiri wilayah yang bebas dari antraks.

“Untuk hasil laboratorium burung unta di sini sudah dinyatakan bebas antraks atau negatif. Selain itu, ada pemeriksaan fisik diantaranya aktivitas dan penampilan dinyatakan normal semua,” terangnya.

Populasi burung unta di Safari Beach Batang, ada 15 ekor dan nantinya 5 ekor yang akan dikirim ke Bali dengan umur di bawah 1 tahun.

“Pengiriman hewan ke Bali merupakan untuk pelaksanaan program konservasi berkelanjutan dan pemurnian genetik di Lembaga Konservasi Taman Safari Indonesia III, Gianyar, Bali,” pungkasnya.

Nur Muktiadi