USM bersama Baznas Kota Semarang, memberikan santunan kepada sejumlah yatim piatu, yang dilakukan di Auditorium Ir Widjatmoko, Rabu (31/7/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Universitas Semarang (USM) bersama Badan Amil dan Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang, memberikan santunan kepada sejumlah yatim piatu, yang dilakukan di Auditorium Ir Widjatmoko, Rabu (31/7/2024).

Kegiatan yang digelar di kampus USM itu, dihadiri Ketua Baznas Kota Semarang, H Arnaz Agung Andrarasmara SE MM, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Dr Ir Hj Kesi Widjajanti SE MM, Pengurus PP Nurul Hidayah Dr KH In’amuzzahidin MA, Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MH, serta ratusan anak yatim piatu.

Dalam kesempatan itu, Prof Kesi Widjajanti menyatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan sosial kemanusiaan ini. Menurut dia, selama ini USM selalu memberikan bantuan kepada anak yatim piatu.

BACA JUGA: Yudhistira, Pelajar MAN Kota Magelang Lolos Paskibraka Tingkat Jawa Tengah

”Kegiatan ini untuk berbagi kasih sayang, dan kebahagiaan. Kami berharap, adik-adik bisa belajar terus, bisa mencapai cita-citanya, dan orang tua semangat untuk mendampingi dan membina putra-putrinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, setiap tahun USM menyalurkan dana untuk berbagi kepada anak yatim. USM sendiri memang konsen dalam hal berbagi kebahagiaan, melalui bantuan sosial dan pemberian santunan.

”Mudah-mudahan nanti bisa dilanjutkan dengan kerja sama yang bermanfaat, khususnya di dunia pendidikan, yang bisa mendukung masyarakat dalam membutuhkan bantuan,” tambahnya.

BACA JUGA: Anugerah Jurnalistik Pertamina 2024 Dibuka, Siap Jaring Karya Jurnalistik Terbaik

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Semarang, H Arnaz Agung Andrarasmara SE MM menambahkan, kegiatan ini tidak hanya pentasyarufan (penyaluran) zakat saja, namun juga menyosialisasikan terkait pentingnya zakat, infaq, dan sedekah.

”Terkadang orang lupa akan pentingnya rukun Islam ketiga, yaitu zakat. Kadang orang kurang informasi mengenai aturan regulasi. Kami berharap, semakin banyak kerja sama khususnya di USM, agar warga semakin sadar,ada kewajiban yang harus dilakukan, yakni zakat,” imbuhnya.

Disebutkan dia, Baznas merupakan lembaga pemerintah nonstruktural yang dipercaya pemerintah, untuk tidak hanya mengumpulkan namun juga menyalurkan dana zakat, infaq, dan sedekah.

BACA JUGA: Transformasi SD Negeri 6 Karimunjawa Menjadi Sekolah yang Menyenangkan dan Berprestasi Berbasis Kearifan Lokal

”Kami berharap, kerja sama USM dan Baznas ini akan semakin erat, sehingga bisa ikut menyosialisasikan pentingnya mengeluarkan zakat, infaq, dan sedekah, sehingga kita bisa membantu masyarakat yang membutuhkan,” ucapnya.

Kegiatan ini ditutup dengan tausyiah dan doa bersama, yang dipimpin Pengurus PP Nurul Hidayah, Dr KH In’amuzzahidin MA.

Riyan