Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki tengah memberi makan hewan ternak. Foto: Diskominfo Batang.

BATANG (SUARABARU.ID) – Badan Amil Zakat (Baznas) Republik Indonesia (RI) meluncurkan program balai ternak di SMK Peternakan Lembah Hijau, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Selasa (30/7/2024).

Balai ternak ini memadukan konsep perbibitan ternak dan penggemukan ternak dengan pemberdayaan dimasukkan dalam metode pembelajaran. Baznas RI dalam meluncurkan program Balai Ternak Baznas Lembah Hijau Farm dengan anggaran Rp 520 juta.

Wakil Kepala Baznas RI Mokhamad Mahdum mengatakan, peluncuran program balai ternak merupakan program pemberdayaan ekonomi mustahik dalam sektor peternakan dengan memberikan hewan domba.

“Pada program ini, Baznas tidak hanya memberikan modal, namun juga pendampingan secara berkala agar menjamin kualitas ternak yang dihasilkan. Apalagi di SMK Peternak Lembah Hijau sangat mempunyai potensi bagus dalam pengelolaan mandiri secara ekonomi,” jelasnya.

Selain memberikan hewan domba, dalam peluncuran balai ternak menyiapkan kandang dengan standar bagus.

“Jika peternakan yang ada di sekolah berhasil pastinya ke depan dapat diberdayakan oleh masyarakat sekitar dengan meniru proses dari SMK Peternakan Lembah Hijau,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menyampaikan, apresiasinya kepada Baznas RI karena telah memilih daerah Kabupaten Batang khususnya SMK Peternakan Lembah Hijau sebagai salah satu wilayah yang mendapatkan program balai ternak Baznas.

“Hal ini pastinya akan bermanfaat bagi SMK Peternakan Lembah Hijau yang memang membutuhkan untuk memberikan pembelajaran bagi siswa-siswinya dalam mengelola peternakan,” terangnya.

Melihat sekolah sederhana seperti ini dapat menghasilkan lulusan anak didik yang berkualitas sampai salah satunya ada yang sudah sukses di luar negeri.

Lani berharap, melalui program balai ternak yang diinisiasi Baznas RI di Kabupaten Batang dapat meningkat perekonomian masyarakat sekitar.

Nur Muktiadi