KKG Nusa Bangsa mengawali program kerjanya dengan mengadakan kegiatan out bond dalam rangka pembentukan karakter yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Sreni pada hari Sabtu, 27 Juli 2024. Foto: Zulfah

JEPARA (SUARABARU.ID) – Keseriusan Kelompok Kerja Guru Nusa Bangsa dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di wilayah Dabin IV patut mendapatkan apresiasi. Di awal Tahun Pelajaran, KKG Nusa Bangsa mengawali program kerjanya dengan mengadakan kegiatan out bond dalam rangka pembentukan karakter yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Sreni pada hari Sabtu, 27 Juli 2024.Acara tesebut diikuti 88 guru dari Dabin IV Kecamatan Mayong serta tamu undangan.

Forum KKG Dabin IV Nusa Bangsa  yang diketuai oleh Anita Yulianingsih, M.Pd  beserta pengurusnya diantara Rohmadi, Aris Ika Sulistiyani, Yuni Rahmawati dan Ulil fitriyani sepakat untuk mengusung tema Guyub, Nyawiji, Migunani dalam kegiatan tersebut. Dalam sambutan ketua penyelenggara, AnitaYulianingsih, M.Pd mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan maupun peserta yang telah hadir.

Lebih jauh ia  mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk membentuk karakter anggota KKG Gugus Nusa Bangsa agar memiliki kekompkan, jiwa kepemimpinan, kreatif, dan siap menghadapi segala tantangan dalam pembelajaran.

Sebagai ketua komunitas belajar guru,  Anita juga berharap anggotanya untuk lebih bersemangat dalam mengikuti  KKG di berbagai kegiatan. Ia juga menekankan pada kegiatan out bond tersebut agar semua anggotanya tetap dapat memaknai esensi pelaksanaan kegiatan serta tidak mengabaikan  kelamatan diri.

“Diharapkan dengan adanya  out bond ini, kedepannya akan lebih bersemangat untuk mengikuti  KKG, dan nantinya dalam kegiatan out bond ini   tidak kehilangan makna esensi dari kegiatan KKG dalam rangka pembentukan karakter serta tak lupa tetap mengutamakan aspek safety” terangnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh pengawas Dabin IV Nor Yasin, S.Pd, M.Pd yang menjelaskan bahwa kegiatan ini diniatkan karena mencari ilmu.” Bukan sekedar out bond namun kegiatan ini kita niati dengan bertholabul ilmi yaitu mencari ilmu, sehingga nantinya dapat meningkatkan kreatifitas  dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas”. pangkasnya

Dalam acara tersebut dihadiri sekaligus di buka oleh Satkordicam Mayong Supeno, S.Pd, M.Pd. Dalam kesempatan ini ia mengucapkan terimkasih atas inisiatif dari pengurus KKG Nusa Bangsa yang telah memberikan nuansa baru dalam melaksanakan kegiatan KKG. Lebih jauh ia menjelaskan dan menghimbau kepada seluruh anggota KKG untuk memiliki kesadaran diri dalam mengikuti kegiatan KKG bukan semata-mata demi mendapatkan sertifikat.

Keseruan dan kebahagiaan para peserta terlihat menyatu dengan suasana asri dari alam Wana Wisata  Sreni, ditambah pembagian dorprice dari “SS”Store  yang merupakan sponsor utama dalam kegiatan tersebut menambah kemeriahan acara dan menambah semangat para peserta out bond.

Hadepe – Zulfah,S.Pd