Rektor UNISNU Jepara, Prof. Dr. Abdul Djamil, M.A. foto bersama denganUPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara dan Tim CILACS UII Yogyakarta seusai penandatanganan kerjasama pada Jum’at (26/7/24). Foto: Uswah

JEPARA (SUARABARU.ID) –  : Dalam upaya meningkatkan pengembangan bahasa dan memperluas jaringan kerjasama, UPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara menerima kunjungan balasan dari Tim CILACS UII Yogyakarta pada Jum’at (26/7/24) di Ruang Seminar, Gedung Rektorat Lt.1 Kampus UNISNU Jepara.

Tujuan kunjungan ini guna untuk penandatanganan dokumen perjanjian kerjasama antara UPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara dengan CILACS UII Yogyakarta tentang penyelenggaraan seminar IELTS academic preparation.

Pertemuan tersebut disambut hangat oleh Aprilia Riyana Putri, M.Pd. selaku Kepala UPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara yang didampingi oleh jajaran staf UPT Pengembangan Bahasa lainnya. Hadir pula Rektor UNISNU Jepara, Prof. Dr. Abdul Djamil, M.A.

Aprilia Riyana Putri, M.Pd. selaku Kepala UPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara dan Rr. Ratna Roostika, SE., MAC., Ph.D. selaku kepala CILACS UII bersama Rektor UNISNU Jepara, Prof. Dr. Abdul Djamil, M.A. usai penandatanganan dokumen perjanjian kerjasama tentang penyelenggaraan seminar IELTS academic preparation.. Foto: Uswah

Dalam kata sambutannya, Aprilia Riyana Putri, M.Pd. selaku Kepala UPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara mengungkapkan rasa bangga dan  terima kasih atas kunjungan kerjasama yang terjalin, dengan menekankan pentingnya sinergi antara kedua lembaga untuk menciptakan dampak yang lebih luas dalam pendidikan bahasa.

Harapannya melalui kerjasama ini dapat membawa manfaat bagi kedua belah pihak. “Kita sama-sama belajar bagaimana mengelola Unit Bahasa agar menjadi lebih baik dan lebih bermutu,” ujar Aprilia.

Sementara itu, Rr. Ratna Roostika, SE., MAC., Ph.D. selaku kepala CILACS UII menyampaikan antusiasmenya terhadap kemitraan ini dan berharap dapat memperluas jangkauan program-program yang telah ada. “Merasa betul-betul kehormatan karena di sambut dengan luar biasa, pada dasarnya kunjungan ini merupakan awal positif yang bagus karena Bahasa dan budaya merupakan jendela universitas, ini adalah langkah awal yang positif untuk menjalin kolaborasi lebih lanjut.” kata Ratna.

 

Sedangkan Rektor UNISNU Jepara Prof. Dr. Abdul Djamil, M.A. menyambut baik kerjasama kedua Lembaga.  “Silahkan di kembangkan inisiasi kerjasama ini terutama dengan CILACS UII karena sudah bereputasi, mudah-mudahan semakin meningkatkan suasana kampus menjadi internasional. dan dapat membantu Perguruan Tinggi kami sesuai dengan perjanjian kerjasama yang sudah di sepakati” ujar Prof. Dr. Abdul Djamil, M.A.

Acara diakhiri dengan refleksi dan penyerahan cinderamata sebagai simbol dari awal kerjasama yang saling menguntungkan ini. Harapannya agar terjalin kerjasama UPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara dengan CILACS UII Yogyakarta dapat bersinergi dan berkesinambungan untuk pengembangan intensif bahasa yang lebih optimal di kedua belah pihak.

Dengan penandatanganan dokumen kerjasama ini, diharapkan akan terjalin hubungan yang erat antara UPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara dan CILACS UII Yogyakarta, serta meningkatkan kualitas pendidikan bahasa.

Tidak hanya membahas mengenai pelaksaan seminar IELTS academic preparation, kunjungan kali ini juga melakukan pembahasan teknis rencana kerjasama program layanan tes bahasa asing seperti Tes English Proficiency (CEPT), TOEFL ITP® Online Remote Proctoring, Tes IELTS dan Program Training of Trainers (ToT).

Pertemuan dan diskusi kunjungan ini sendiri juga dihadiri juga oleh Biro 3 Bagian Hukum dan Kerjasama Siti Istiqomah, S.E., M. Si. Dengan penandatanganan dokumen kerjasama ini, diharapkan akan terjalin hubungan yang erat antara UPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara dan CILACS UII Yogyakarta, serta meningkatkan kualitas pendidikan bahasa.

Hadepe – Uswaa