UNDIP menggelar prosesi wisuda ke-175 di Muladi Dome dengan meluluskan 5.287 wisudawan dari berbagai strata, jurusan, dan fakultas, Senin 29 Juli 2024. foto : Dok Undip

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 5.287 wisudawan Universitas Diponegoro mengikuti prosesi upacara Wisuda Periode ke –175 Tahun 2024 yang digelar di Muladi Dome Gedung Serba Guna (GSG) UNDIP, Kampus Tembalang pada tanggal 29 Juli hingga 02 Agustus 2024.

Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Suharnomo, untuk pertama kali melantik wisudawan yang terdiri atas 80 orang Program Doktor; 556 orang Magister; 55 orang Pendidikan Dokter Spesialis; 242 orang Profesi; 3768 orang Sarjana; 434 orang Sarjana Terapan (D4); dan 152 orang Diploma.

Seremoni kelulusan wisudawan ini juga termasuk mahasiswa Bidik Misi sebanyak 140 orang serta mahasiswa asing berjumlah 30 orang.

Diharapkan wisudawan nantinya cepat memperoleh pekerjaan atau dapat menciptakan usaha yang membuka peluang kerja bagi banyak orang lain. UNDIP telah mengukir banyak prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional. Salah satunya terbukti UNDIP saat ini menduduki rangking teratas di Indonesia yang lulusannya paling cepat memperoleh pekerjaan.

Dalam sambutannya, Rektor UNDIP memberikan ucapan selamat kepada wisudawan/ wisudawati yang telah resmi menyandang gelar diploma, sarjana, magister, spesialis, profesi maupun doktor.

“Teriring doa semoga kalian sukses dalam mencari pekerjaan dan sukses berkarier. Wisuda ke-175 merupakan bagian dari rasa syukur kepada Tuhan dan harus dinikmati meski masa studi 3,5 tahun atau lebih karena sukses tidak ditentukan dengan masa studi,” kata Prof Suharnomo.

Mengutip dari buku GRIT: The power of passion and perseverance karya Angela Lee Duckworth, Prof. Suharnomo mengatakan bahwa kunci sukses itu ditentukan oleh kombinasi antara passion atau menyukai sesuatu terlebih dahulu maka akan bersungguh-sungguh dalam menggelutinya dan gigih untuk mendapatkannya serta positif thinking pada takdir yang ditetapkan oleh Tuhan.

”Mengutip juga dari Jack Ma, sesungguhnya makna sukses yakni dengan lebih fokus, peduli/ suka membantu problem orang lain akan menjadi jalan hidup serta tidak sering mengeluh,” katanya.

Senada, Ketua Senat Akademik Prof. Edy Rianto, dalam acara tersebut berpesan agar para wisudawan bisa bertebaran di seluruh penjuru nusantara bahkan dunia sembari mengibarkan panji Diponegoro dimanapun mereka berada.

“Jadilah agen perubahan dan agen pembangunan guna kemajuan peradaban manusia dan kesejahteraan masyarakat. Tetaplah rendah hati dan jangan bersikap adigang, adigung, adiguna,” ucap Prof. Edy.

Sementara itu, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Heru Susanto, melaporkan bahwa pelaksanaan wisuda secara luring diselenggarakan dalam 5 tahap selama 5 hari.

Sampai dengan wisuda periode ini, jumlah lulusan Undip secara keseluruhan telah mencapai 268.317 orang dengan 3.446 wisudawan atau 65.18 % diantaranya memperoleh predikat cumlaude.

“Jalan kalian masih panjang, manfaatkan masa muda, masa produktif dengan sebaik-baiknya. Teruslah berkarya dan berinovasi jangan tumpulkan kreativitas dengan berhenti berpikir,” kata Prof.
HeryPriyono