Dr. Irwin Lamtota Lumbanraja, MKed (OG), SpOG, dokter spesialis obstetri dan ginekologi. Foto: Dok/Pribadi

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dr. Irwin Lamtota Lumbanraja, MKed (OG), SpOG, dokter spesialis obstetri dan ginekologi asal Medan ini kini membuka praktik di Kota Semarang. Ia berhasil meraih penghargaan prestisius Tadjuluddin Award 2024 sebagai juara pertama.

Penghargaan ini diterima oleh dr. Irwin pada Senin, 22 Juli 2024, dalam acara Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) POGI XXVII di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Setiap tahun, Tadjuluddin Award diberikan kepada mereka yang menunjukkan prestasi luar biasa dalam pendidikan spesialis obstetri dan ginekologi. Penilaian mencakup berbagai aspek, seperti durasi pendidikan, performa akademik, nilai ujian nasional, presentasi karya ilmiah, publikasi jurnal ilmiah, serta hubungan interpersonal dan kegiatan intra maupun ekstrakurikuler. Penghargaan ini dinamai sesuai dengan dr. Tadjuluddin, seorang tokoh terkemuka di bidang ini di Indonesia.

Dalam pemilihan penerima penghargaan, Kolegium Obstetri dan Ginekologi Indonesia memilih tiga orang terbaik yang menempuh pendidikan pada periode Juli 2023 hingga Juni 2024. Dr. Irwin mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan ini, yang menurutnya merupakan hasil dari kerja keras dan dukungan dari banyak pihak.

“Saya tidak menyangka bisa menjadi juara pertama. Ini adalah kejutan besar bagi saya, saya sangat bersyukur dan bahagia mendapatkan penghargaan ini. Ini merupakan hasil dari kerja keras dan dukungan dari banyak pihak, termasuk almamater, dosen, dan senior saya di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara,” ujar dr. Irwin, Senin (29/7/2024).

Penilaian Tadjuluddin Award juga menyoroti prestasi dalam presentasi nasional dan internasional serta publikasi artikel ilmiah di jurnal bereputasi. Pada tahun 2021, Dr. Irwin mempresentasikan “The Role of Isoflavone in the Genitourinary Symptoms, Vaginal Maturation Index, and Female Sexual Function Index of Menopausal Women, Asia Pacific Menopause Federation” di China. Pada tahun 2023, ia melakukan poster presentation tentang “Measuring The Risk-Benefit of Obstetric and Oncologic Aspects of Fertility-Sparing Surgery Among Early Cervical Cancer ≥2 cm: Implications Captured in Systematic Review and Meta-Analysis, International Gynecologic Cancer Society (IGCS) 2023” di Annual Global Meeting, Seoul, South Korea, dan di Indonesia.