Dewan guru, tenaga kependidikan dan tongtek Pros Percusion. Foto: M.Taufiq

JEPARA (SUARABARU.ID) -Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SDN 3 Mantingan tahun pelajaran 2024/2025 telah sukses digelar. Selama seminggu, mulai tanggal 22 hingga 27 Juli 2024, seluruh siswa baru mengikuti berbagai kegiatan yang dirancang untuk membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru. Selama seminggu  siswa baru mengikuti berbagai kegiatan mulai dari pengenalan lingkungan sekolah, materi kepramukaan, hingga pendidikan karakter.

Kepala SDN 3 Mantingan saat memberikan sambutan. Foto: M. Taufiq

Puncak acara penutupan pada hari Sabtu, 27 Juli 2024, terasa istimewa dengan penampilan pentas seni siswa dari kelas 2, Narendra, Yumna kelas 4, Bella kelas 5, dan penampilan spesial dari Tongtek Pros Percussion di bawah pimpinan Sutiyono, sebuah grup musik Tongtek yang seluruh anggotanya merupakan alumni SDN 3 mantingan.

” Penampilan mereka tidak hanya menghibur, tetapi juga menginspirasi siswa baru untuk terus mengembangkan bakat dan minat mereka di bidang seni, di samping itu sebagai wujud pelestarian kebudayaan lokal daerah Jepara.” Tutur  M. Taufiq, salah satu guru muda.

Siswa-siswi SDN 3 Mantingan saat saksikan penampilan Tongtek Pros Percusion . Foto: M. Taufiq

Siti Romelah S.Pd., Kepala SDN 3 Mantingan  dalam sambutannya menyampaikan harapan agar siswa baru dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama MPLS untuk meraih prestasi yang membanggakan.

“MPLS ini adalah awal dari perjalanan panjang kalian di dunia pendidikan. Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk belajar dan berkembang.”  Ujarnya.

Secara umum MPLS di SDN 3 Mantingan memiliki tujuan membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru, memfasilitasi mereka untuk berkenalan dengan teman sekelas, guru, dan staf sekolah lainnya, menumbuhkan motivasi belajar dan semangat untuk berprestasi, membentuk karakter siswa yang positif, seperti disiplin, tanggung jawab, kerjasama, dan rasa hormat, mengenali potensi dan minat siswa baru untuk pengembangan diri.

Tongtek Pros Percusion tampil memukau. Foto: M. Taufiq

Adapun tujuan khusus dari MPLS ini adalah memperkenalkan siswa baru pada visi, misi, dan tujuan sekolah, memberikan informasi tentang kurikulum, strategi pembelajaran,  menumbuhkan rasa bangga terhadap sekolah, membentuk sikap positif terhadap pembelajaran dan pengembangan diri, menanamkan nilai-nilai luhur seperti kejujuran, toleransi, dan gotong royong, dan melatih keterampilan sosial, serta memperkenalkan siswa pada berbagai kegiatan di sekolah.

Outcome dari kegiatan MPLS ini adalah terciptanya generasi muda yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Hadepe – Sub/MT