Kapolresta Magelang di Perpustakaan Keliling bersama anak-anak SD, Rabu (24/7/24). Foto: Humas Polresta Magelang

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Perpustakaan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Karena perpustakaan memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai jenis karya yang penuh informasi.

Kapolresta Magelang, Kombes Pol Mustofa, mengatakan hal itu ketika mengunjungi Perpustakaan Keliling yang hadir di SD Negeri Keningar, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Rabu (24/7/2024). Dalam kunjungan tersebut Kapolresta berbaur dengan anak-anak dan peminat baca di lokasi pembukaan TMMD Sengkuyung III tahun 2024 itu.

“Perpustakaan menjadi salah satu aset yang sangat berharga dalam dunia pendidikan. Tidak hanya bagi pelajar saja, namun juga bagi masyarakat,” kata Kombes Mustofa.

Dia menilai, di era digital ini minat baca masyarakat bahkan pada anak-anak, sangat berkurang. Mereka lebih fokus dengan gadget atau smartphone, jarang membaca buku. Bahkan anak-anak pun lebih memilih menggunakan media sosial dalam memenuhi kebutuhan belajarnya.

Padahal, menurutnya, buku adalah jendela dunia. “Dengan membaca buku, kita bisa melihat dunia. Bisa memperoleh berbagai informasi dari yang kita baca,” ujarnya.

Mobil Perpustakaan Keliling di SD Negeri Keningar itu salah satu unit layanan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang. Kehadiran Perpustakaan Keliling di lokasi itu cukup menarik minat anak-anak dan warga masyarakat setempat.

Eko Priyono