Ketua DPD PDIP Kebumen Saiful Hadi dan Ketua Penjaringan Cabup Arembono memegang surat undangan dari DPD PDIP Jateng, Senin 22/7.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – DPD PDI Jateng telah menyurati  DPC PDIP Kebumen dan mengundang pasangan calon bupati wakil bupati Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih untuk persiapan terakhir dan presentasi strategi memenangkan Pilkada 2024.

Ketua DPC PDIP Kebumen Saiful Hadi kepada awak media di Kantor DPC Jalan HM Sarbini Senin (22/7) sore mengungkapkan, pihaknya secara resmi menerima surat pemberitahuan dari Ketua DPD Jateng Bambang Wuryanto dan Sekretaris Sumanto, bahwa yang disiapkan untuk menerima rekomendasi  dari DPP PDIP pada Pilbup Kebumen 2024 pasangan Arif-Rista.

Dengan demikian peta politik semakin mengerucut bahwa PDIP akan mengusung petahana Bupati Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih untuk maju kembali pada Pilkada 2024.

Saiful Hadi juga menginformasikan dua partai di Kebumen akan bergabung dalam koalisi dengan PDIP yang pada Pemilu 2024 meraih 11 kursi DPRD, untuk mengusung Arif-Rista. Yaitu PAN dengan 3 kursi dan dan PPP 4 kursi.

Saiful Hadi mengaku telah memberitahu semua elemen partai terkait arah kebijakan DPD PDI Jateng. Termasuk kepada kelompok yang berbeda pendapat dalam menyikapi  bakal calon bupati dan calon wakil bupati Kebumen di Pilbup 2024.

“Mulai hari ini sudah kita umumkan kepada struktur partai, jajaran DPC, PAC, ranting, sayap dan badan serta  kader partai, semua harus menyatu. Tidak boleh lagi ngalor ngidul ngetan ngulon, semua madep manteb mendukung pasangan Arif-Rista di Pilkada 2024,”tandas Saiful Hadi didampingi Ketua Penjaringan Cabup-Cawabul Arembono dan Rila Martini.

Kesiapan Logistik

Menurut Saiful Hadi, pasangan Arif-Rista Selasa (23/7) diundang ke DPD PDIP Jateng untuk mempresentasikan persiapan terakhir strategi pemenangan, termasuk kesiapan logistik.

Selanjutnya, setelah cabup-cawabup dipanggil DPD, pihaknya akan melakukan konsolidasi internal di DPC Kebumen.”Sepulang Arif dan Rista dari Semarang, kami akan mengumpulkan DPC dan PAC bahwa sekarang kita semua sudah mantab akan berjuang memenangkan Arif Rista.”

Bahkan, lanjut Saiful Hadi, secara khusus DPD PDIP juga telah menugasi H Yulianto yang ikut mendaftar sebagai cabup atau cawabup, untuk menjadi jurkam bagi pasangan Arif-Rista. Yuliyanto yang terpilih terpilih jadi DPRD Kebumen Pemilu 2024 juga diberi tugas berkomunikasi dengan partai koalisi.

Langkah berikutnya, lanjut Saiful Hadi, pihaknya segera berkonsolidasi dengan partai koalisi untuk melengkapi persyaratan administrasi  di KPU Kebumen.  Mengingat, saat ini sudah akhir Juli dan Agustus telah memasuki pendaftaran calon di KPUD.

Menyinggung langkah konsolidasii, Saiful Hadi menegaskan, PDIP, PPP dan PAN di Kebumen sebenarnya telah menjalin nota kesepahaman secara iformal  dan akan bersama-sama mengusung kembali Arif-Rista.

”Semoga yang sedang diperjuangkan PKS nanti juga akan bergabung dan syukur-syukur partai lain,”ujar politisi yang kini duduk di DPRD Jateng itu.

Menjawab pertanyaan kemungkinan jago yang diusung PDIP, PAN dan PPP akan berhadapan dengan koalisi partai besar dan modal kuat, Saiful Hadi menegaskan, pihaknya tidak gentar. Memang dalam pilkada amunisi atau logistik sangat menentukan, namun bukan satu-satunya.

Apalagi di tubub PDIP berlaku tegak lurus dengan kebijakan DPP dan di bawah komando Ketua Umum Megawati Soekarno Putri.”Saya optimistis pasangan Arif Sugiyanto dan Ristawati akan menang di Pilkada November mendatang,”tandas politisi dari Desa Kalipoh, Kecamatan Ayah itu.

Komper Wardopo