Ketua POBSI Kota Tegal, Sugiarto mencoba main di DB Biliard yang baru dibuka. Foto: Sutrisno

TEGAL (SUARABARU.ID) – Dunia Biliard (DB) yang baru dibuka pas Jumat, (19/7/2024) kemarin menjadi perhatian. Keberadaan DB Biliard diharapkan bisa melahirkan dan menjaring bibit-bibit atlet biliard Kota Tegal.

“Kami berharap dengan dibukanya tempat biliard baru DB bisa tumbuh bibit-bibit atlet biliard Kota Tegal, agar bisa berkiprah di berbagai turnamen untuk membawa nama Kota Tegal,” kata Ketua Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Kota Tegal, Sugiarto, Sabtu (20/7/2024).

Sementara ini jumlah atlet pada Cabang Olahraga (Cabor) biliard Kota Tegal baru lima orang yang tercatat di POBSI Kota Tegal. “Jadi kita memang minim atlet. Dengan dibukanya DB Biliard POBSI Kota Tegal berharap tumbuh bibit-bibit atlet baru,” terang Sugiarto.

Hak yang sama disampaikan oleh pengelola DB Biliard yang juga pelatih biliard, Tjeng Kian Eng. Pihaknya penuh harapan muncul para bibit-bibit atlet biliard di Kota Tegal. “Karena memang kita minim atlet biliard. Kita butuh motifasi, suport, sarana dan kemauan untuk tumbuhnya atlet biliard,” ucap Kian Eng.

Kian Eng menjelaskan, DB Biliard Jalan Kapten Sudibyo menyediakan layanan 9 meja biliard di lantai dua, dan enam meja di lantai dasar. “Buka mulai pukul 12.00-03.00. Untuk biaya sewa meja dikenakan hanya Rp 45 ribu per jamnya,” terang Kian Eng.

Ketua KONI Kota Tegal, Supardi SH menyampaikan apresiasi dengan dibukanya DB Biliard. Supardi juga mengaku. Cabor biliard di Kota Tegal memang minim atlet. “Kami berharap dibukanya DB Biliard bisa tumbuh atlet-atlet baru dan muda. Kita butuh regenerasi. Selama ini atlet biliard itu-itu saja,” ujarnya.

Sebelumnya Peresmian DB Biliard dibuka oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesra Kota Tegal, Mohammad Avin mewakili Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri. Dan pemukulan bola pertama dilakukan oleh Wali Kota Tegal periode 2019-2024, H Dedy Yon Supriono.

Sutrisno