Wakil Rektor Bidang Kerja sama dan Kealumnian, Prof Yafet Y. W Rissy saat menggelar diskusi. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Kabar gembira datang dari kampus Indonesia Mini, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). UKSW, sebagai kampus yang mendukung pembangunan berkelanjutan berkomitmen mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia dengan memberikan kesempatan mengenyam pendidikan tinggi bagi para pemilik bakat-bakat unggul.

Hal ini sejalan dengan komitmen UKSW dalam mewujudkan implementasi Sustainable Development Goals (SDG’s) 4 Pendidikan Berkualitas, dengan fokus menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua. UKSW secara aktif menyelenggarakan program kegiatan yang berdaya dampak pada SDG’s dengan meluncurkan program Beasiswa Cemerlang dan Beasiswa ACOS.

Dengan bangga, UKSW mengundang seluruh putra/putri bertalenta unggul dari berbagai wilayah di Indonesia untuk bergabung menjadi bagian dari kampus Indonesia Mini. Peluang ini dapat diraih dengan Beasiswa Cemerlang, yang memberikan kesempatan untuk memperoleh pendidikan berkualitas kepada semua individu, tanpa memandang latar belakang sosial atau ekonomi.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komite Beasiswa UKSW sekaligus Wakil Rektor Bidang Kerja sama dan Kealumnian, Prof Yafet Y. W Rissy, S.H., M.Si., LLM., Ph.D saat ditemui di ruang kerjanya. Peluncuran program beasiswa ini diharapkan juga memberi kontribusi pada SDG’s 1 No Poverty, dengan gagasan beasiswa sebagai bantuan atau financial aid untuk mahasiswa dalam kategori low income yang dapat membantu para mahasiswa tersebut mengakses pendidikan yang berkualitas.

Beasiswa ini diluncurkan untuk pendaftaran mahasiswa baru UKSW pada tahun akademik 2024/2025. Beasiswa Afirmasi Cemerlang, yang digagas oleh pimpinan UKSW ini, merupakan skema beasiswa 50% biaya studi selama empat tahun penuh pada 22 program studi pilihan antara lain, Seni Musik, Ilmu Ekonomi, Teknik Komputer, Fisika, Kimia, Pendidikan Fisika, Matematika, Agroteknologi, Agribisnis, Teknologi Pangan, Perpustakaan dan Sains Informasi.

Selanjutnya Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Biologi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika, PPKn, Pendidikan Anak Usia Dini, Sosiologi, Public Relation (Hubungan Masyarakat), dan Teknik Elektro.

Sementara untuk persyaratan beasiswa cemerlang ini meliputi dua skema beasiswa, yaitu Beasiswa Afirmasi Cemerlang dan Beasiswa ACOS dengan persyaratan pengajuan beasiswa sebagai berikut:

1. Memiliki Surat Keterangan Rektor (SKR) tentang penerimaan mahasiswa baru

2. UKSW tahun akademik 2024-2025

3. Surat pernyataan orang tua

4. Scan Kartu Keluarga (KK)

5. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

6. Surat pernyataan berisi alasan melamar beasiswa dan pernyataan sedang tidak menerima beasiswa lain (formulir pernyataan disiapkan Komite Beasiswa UKSW)

Apresiasi lainnya juga diberikan bagi putra-putri yang memiliki talenta unggul di bidang olahraga dan seni, melalui skema beasiswa ACOS dengan skema beasiswa empat tahun. “Beasiswa ini diberikan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang olahraga yakni Atletik, Panjat Tebing, Renang, Karate, Gulat, Taekwondo, Tenis Lapangan, Kempo, Catur, Pencak Silat, Bridge, Sepak Takraw, Futsal, Bulu Tangkis, Bola Basket, dan Bola Voli Pasir,” terang Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kealumnian UKSW, Prof. Yafet Y.W. Rissy, S.H., M.Si., LLM, Ph.D. (AFHEA), belum lama ini.

Prof Yafet menambahkan, apabila camaru memiliki prestasi di bidang Seni Tari, Menyanyi, Seni Lukis, Membuat Gambar Komik, Cerpen, dan Puisi juga akan diberikan apresiasi berupa beasiswa hingga 100 persen dengan menunjukkan bukti sertifikat kejuaraan.

Melalui beasiswa ini, diharapkan putra/putri bertalenta unggul dapat fokus pada pengembangan diri mereka tanpa harus terlalu khawatir tentang biaya pendidikan. Adapun pendaftaran mahasiswa baru UKSW tahun akademik 2024/2025 masih dibuka hingga 31 Agustus 2024. Informasi terkait pendaftaran camaru maupun beasiswa ini dapat menghubungi Divisi Promosi UKSW melalui nomor 0811 2700 049.

Ning S