KUDUS (SUARABARU.ID) – Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan mahasiswa dengan sukses menggelar pelatihan Pelatihan EcoPrint. Bersama Jati Semi EcoPrint Kudus, sebanyak 20 mahasiswa mengikuti pelatihan tersebut.

Wakil Rektor 3 UMKU membuka langsung acara yang dilangsungkan di Hal Lapangan Badminton UMKU. Dalam sambutannya, Rizka Himawan, M.Psi pesankan semangat kreativitas. “Pelatihan ini dirancang untuk memberikan keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Kami berharap mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk mengembangkan kemampuan mereka” ujarnya

Menurutnya, mahasiswa tidak hanya pintar dalam perkuliahan tetapi juga harus bisa berwirausaha supaya dapat menguatkan perekonomian.

Selama pelatihan, mahasiswa diajarkan teknik membuat kain cetak. “Dengan berbekal daun-daun dari pohon disekitar, mahasiswa dapat membuat berbagai produk seperti kain untuk baju, sepatu, gelas, dompet, syal, dan lain-lain, penggunaan daun-daun dipilih karena akan memberikan kesan alami serta ramah lingkungan, karena setelah digunakan daun-daun yang telah digunakan dapat dijadikan pupuk untuk tanaman” ujar Sri Karyati, M.Kep selaku penanggung jawab pelatihan.

Imah Noor Khamimah yang hadir sebagai pemateri utama tidak hanya menyampaikan teori dalam ecoprinting, tetapi juga memberikan praktek langsung dalam pembuatan kain cetak ecoprint.

Hadepe –  AR