Tim sosialisasi Operasi Patuh yang melibatkan aparat dari UPPD, saat melakukan sosialisasi ke pasar tradisional, secara selektif juga peduli memberikan hadiah helm kepada pemotor yang menjadi pengunjung pasar.(Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Jajaran Satlantas Polres Wonogiri Pimpinan Kasat Lantas AKP Edy Prasetyo, aktif melakukan sosialisasi Operasi Patuh Candi 2024 ke para pedagang dan pengunjung pasar tradisional. Ini dilaksanakan bersama dengan Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPPD) Kabupaten Wonogiri.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, sasaran sosialisasi ke Pasar Induk Wonogiri Kota dilakukan dengan membagi-bagikan pamlet berisi ajakan untuk mengedepankan aspek keselamatan dalam berlalu-lintas.

Dalam sosialisasi tersebut, disampaikan materi untuk tujuan memberikan pemahaman serta mengimbau kepada pedagang dan pengunjung pasar, tentang pentingnya mewujudkan Keamanan Ketertiban Kelancaran Lalu Lintas (Kamtibcarlantas).

Sebagaimana pernah diberitakan, jajaran kepolisian serentak menggelar Operasi Patuh sejak Tanggal 15 sampai dengan 28 Juli 2024. Sasaran operasi Patuh, mencakup segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Kegiatan sosialisasi ke pasar tradisional dan pusat perniagaan, bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Dengan sikap disiplin, diharapkan akan menurunkan angka pelanggaran dan menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas, serta meminimalisir angka fatalitas korban kecelakaan.

Badut

Kepada pedagang dan pengunjung pasar, dipahamkan bahwa kecelakaan terjadi karena diawali adanya tindak pelanggaran. Karena itu, ditekankan tentang pentingnya mematuhi aturan, demi mewujudkan keselamatan diri dan pengguna jalan lainnya.

Bila bersepeda motor kenakan helm pengaman. Kenakan sabuk pengaman atau safety belt manakala bermobil. Fokuslah mengemudi dan jangan melakukan aktivitas ber-ponsel bila sedang mengendarai kendaraan. Kedepankan aspek safety demi mewujudkan Kamtibcarlantas.

Dalam sosialisasi tersebut, Tim dari Satlantas Polres Wonogiri menyertakan personel yang berperan sebagai Badut, yang tampil secara jenaka. Ini untuk mencairkan suasana, agar pedagang dan masyarakat pengunjung pasar tidak bersikap kaku karena merasa tegang ada polisi masuk pasar.

Sosialisasi ke pasar tradisional ini, menjadi bagian dari kegiatan pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2024. Yang tidak saja fokus melakukan penindakan pelanggaran di jalan, tetapi juga melaksanakan upaya preventif dan edukatif. Tim yang melakukan sosialisasi, mengajak semua elemen masyarakat untuk peduli dan berpartisipasi aktif, dalam menjaga ketertiban dan keselamatan di jalan.(Bambang Pur)