Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Sumarno di Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kota Semarang, Rabu 17 Juli 2024 sore.. Foto: Humas Pemprov

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Sumarno memberikan tanggapan soal penggeledahan kantor Wali Kota Semarang, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rabu 17 Juli 2024.

Sumarno mengaku belum mendapatkan informasi secara langsung. “Saya belum tahu, belum bisa bicara,” kata Sumarno di Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kota Semarang, Rabu 17 Juli 2024 sore.

Seperti diketahui KPK menggeledah Kantor Wali Kota Semarang, yang saat ini Wali Kota yang sedang menjabat yakni Hevearita G Rahayu, yang merupakan politisi PDI Perjuangan itu dilakukan hari ini.

Baca juga Kantor dan Rumah Wali Kota Semarang Digeledah KPK 4 Orang Dicegah ke LN

Sumarno menekankan, soal integritas sebagai penyelenggara negara. “Integritas nomor satu,” kata dia.

Kemudian kata dia, pentingnya integritas yang dimulai dari keluarga. Itu menjadi kontrol yang luar biasa. “Bahwa ketidakintegritasan seseorang juga didorong dari keluarga,” kata dia.

Roadshow Bus KPK

Sumarno melanjutkan, beberapa waktu lalu Pemprov Jateng bekerja sama dengan KPK dalam kegiatan Roadshow Bus KPK di Kota Semarang khususnya.

Dari kegiatan itu, pihaknya mendorong bagaimana pencegahan lebih dilakukan utamanya dimulai dari keluarga.

Baca juga Wali Kota Semarang Lepas Road Show Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Semangat Antikorupsi

“Kemarin saya juga di Jakarta jadi narasumber untuk materi pencegahan terkait dengan pengelolaan aset. Kemudian juga kolaborasi dengan KPK melalui Roadshow Bus KPK,” kata dia.

Pemprov Jateng bersama KPK salah satu kegiatan yang dibuat yakni  bimbingan Keluarga Berintegritas yang diikuti para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Provinsi Jawa Tengah.

Diaz Aza