Kapolres Wonogiri yang baru AKBP Jarot Sungkowo (kiri) bersama Kapolres Wonogiri yang lama AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (kanan), tampil memimpin apel di Mako Polres Wonogiri, sebelum kemudian dilakukan acara lepas sambut.(Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri, Selasa sore (16/7/24), menggelar farewell parade untuk menyambut AKBP Jarot Sungkowo sebagai Kapolres Wonogiri yang baru, dan melepas Kapolres lama AKBP Andi M Indra Waspada yang pindah tugas.

Untuk diketahui, farewell parade adalah upacara tradisi menyambut pimpinan baru dan melepas pimpinan lama, yang diikuti dengan penyerahan pataka dan diwarnai dengan prosesi pedang pora.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, acara tersebut kemudian dirangkai dengan acara pisah sambut Kapolres lama dan Kapolres baru. Acara ini digelar di Mako Polres Wonogiri dan berjalan dengan khidmat.

Penyambutan Kapolres Wonogiri yang baru, AKBP Jarot Sungkowo, beserta Ny Melly Jarot dilakukan oleh Wakapolres Wonogiri, Kompol Heru Sanusi beserta istri. Prosesi penyambutan, berlangsung khidmat dengan jajar hormat dan tradisi gerbang pora, yang dilakukan oleh para Perwira Polres Wonogiri.

Gerbang Pora

Acara tersebut, kemudian dilanjutkan dengan apel bersama yang dipimpin oleh AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah bersama AKBP Jarot Sungkowo. Pejabat lama AKBP Andi M Indra Waspada mendapat promosi pindah tugas menjadi Kapolres di Kabupaten Tegal. Pejabat baru AKBP jarot Sungkowo, sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kepulauan Seribu.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Indra, menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, berkaitan dengan masa tugasnya selama satu tahun enam bulan menjabat sebagai Kapolres di Wonogiri. “Saya memohon maaf jika mempunyai kesalahan selama menjabat sebagai Kapolres Wonogiri,” kata AKBP Indra sembari menambahkan saya bangga dan berterima kasih atas dedikasi, loyalitas tanpa batas seluruh personel Polres Wonogiri.

Sementara itu, Kapolres Wonogiri yang baru AKBP Jarot Sungkowo, dalam sambutannya minta dukungan semua pihak. “Tanpa dukungan rekan-rekan semua, saya tidak dapat menjalankan tugas dengan baik. Mari sama-sama kita bekerja,” ucap AKBP Jarot.

Setelah apel bersama, dilanjutkan dengan kegiatan penyampaian laporan kesatuan dari Kapolres lama kepada Kapolres baru. Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan sesi pisah sambut yang dihadiri oleh seluruh personel. Suasananya berlangsung dengan penuh keakraban dan kehangatan, yang mencerminkan kebersamaan di institusi kepolisian.

Acara tersebut ditutup dengan tradisi Gerbang Pora untuk melepas AKBP Indra ke tempat tugas yang baru, yakni sebagai Kapolres di Kabupaten Tegal.(Bambang Pur)