Sudirman (dua dari kanan) berfoto bersama jajaran manajemen Persiku Kudus usai penunjukkannya sebagai pelatih tim berjuluk Macan Muria. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Jajaran manajemen Persiku Kudus resmi menunjuk mantan pelatih Persija,  Sudirman menjadi juru taktik tim Macan Muria yang promosi ke Liga 2 Indonesia musim depan. Mantan pelatih Persija Jakarta diharapkan mampu memberikan prestasi bagi Persiku untuk berbicara banyak dalam kompetisi kasta kedua tanah air tersebut.

Manajer Persiku, M Ilham Akbar menyampaikan penunjukkan Sudirman menjadi pelatih ini tak lepas sejarah kedekatannya dengan kota Kudus.

“Penunjukan Sudirman sebagai pelatih kepala karena pernah punya keterkaitan dengan Kota Kudus, sehingga kami memilihnya untuk menukangi Persiku,” kata Manajer Persiku Kudus Mochammad Ilham Akbar di sela-sela rapat koordinasi di Hotel @Hom, Kudus, Senin (15/7).

Selain itu, Sudirman juga memiliki pengalaman dalam menangani klub Liga 1. Sehingga dia optimistis Sudirman mampu menerapkan pengalamannya untuk bisa bersaing di Liga 2 nanti.

Senada, Sudirman mengaku menerima tawaran melatih Persiku ketika dihubungi oleh manajemen. Menurutnya, dia memiliki keterikatan batin dengan Persiku lantaran pernah menjadi bagian dari tim berjuluk Macan Muria di era 2003.

“Bagi saya, Persiku ini adalah perjuangan yang belum tuntas. Pada tahun 2003 itu saya pernah bermain untuk Persiku dan mengalami patah kaki sehingga tidak bisa melanjutkan sebagai pemain. Setelah itu saya belajar melatih dan kini ingin meneruskan perjuangan tersebut,”kata Sudirman.

“Dengan ditunjuk menjadi pelatih Persiku, tentunya menjadi kesempatan melanjutkan perjuangan saya yang tidak bisa membela tim ini sampai akhir musim. Ini kesempatan saya bangkit untuk membawa tim Persiku naik ke kasta lebih tinggi,” tambahnya.

Disinggung soal proses pembentukan tim, Sudirman mengaku akan segera melakukan seleksi pemain mulai 17 Juli 2024 mendatang. Upaya ini dilakukan mengingat persiapan jelang Liga 2 sudah sangat mepet.

“Untuk pemain, saya sudah punya gambaran skuad yang ada baik itu pemain lama Persiku, pemain Liga 2, atau Liga 1,”tandasnya.

Dia menyatakan target tim akan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran. Termasuk pemain asing yang akan direkrut pun akan disesuaikan dengan budget yang ada.

“Pemain asing juga sudah ada yang mengirimkan curriculum vitae atau daftar riwayat hidup terkait pengalaman bermain sepak bola. Namun, mereka harus mengikuti uji coba terlebih dahulu selama beberapa hari,” kata Sudirman.

Sudirman adalah pelatih yang memiliki catatan mentereng di kancah persepakbolaan tanah air. Pelatih berlisensi A AFC tersebut cukup lama menghabiskan waktu dengan Persija baik dari kelompok umur hingga tim senior.

Dalam kesempatan tersebut, manajemen Persiku Kudus juga melaunching secara resmi pembentukan perseroan terbatas (PT) dengan nama PT Relasi Sport Muria Indonesia yang akan menaungi Persiku. Badan usaha tersebut juga menunjuk Ilham Akbar sebagai Direktur Utama.

Ali Bustomi