Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Tejo Harwanto. Foto: Humas

SEMARANG (SURABARU.ID) – Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Tejo Harwanto, mengingatkan jajarannya untuk menjaga kinerja dan melakukan evaluasi semester pertama.

Tejo menyinggung pemberitaan di media massa mengenai kinerja negatif salah satu institusi. Ia menekankan bahwa citra instansi dapat hancur hanya karena ulah segelintir orang. “Kalau 10% dari seluruh pegawai dari institusi tersebut bermasalah, maka kepercayaan masyarakat kepada instansi tersebut akan hancur,” ujar Tejo di Kanwil Kemenkumham Jateng, Senin (15/7/2024).

Tejo juga mengingatkan para pegawai, mulai dari di level birokrasi terendah, untuk selalu menjaga perilaku dan kinerja. Pasalnya, dengan adanya media sosial, hal-hal negatif akan lebih mudah tersebar dan dapat merusak citra instansi.

“Jika termasuk dalam level birokrasi terendah yang jauh dari pusat pemerintahan dan melakukan sesuatu yang buruk, maka bukan hanya di kantor wilayah, namun seluruh Indonesia akan mengetahui terlebih dengan adanya media sosial,” ungkap Tejo.

Tejo meminta jajarannya untuk melakukan evaluasi kinerja semester pertama. Ia meminta agar masing-masing divisi menyusun hasil kinerja semester pertama dan menyelesaikan permasalahan yang timbul pada periode tersebut.

“Ini sudah bulan Juli, kita perlu melakukan evaluasi semester pertama. Bukan hanya kinerja Kepala Divisi, namun juga sampai pelaksana dilihat tugas, wewenang, dan tanggung jawab atas target kinerja bagaimana outcome dan outputnya,” tandasnya.

Tejo berharap dengan evaluasi ini, kinerja instansi dapat ditingkatkan dan target-target yang telah ditetapkan dapat tercapai di semester kedua secara maksimal.

Ning S