Dico bersama para pengurus PSI mengenakan kaos bertu;liskan Bro Dicoo. Foto: hery priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) masih mencari sosok bakal calon (bacalon) Wakil Walikota Semarang yang akan disandingkan dengan Bacalon Wali Kota Dico Ganinduto yang diusung koalisi Golkar – PSI.

Ketua DPD PSI Kota Semarang, Bangkit Mahanantiyo, mengatakan, hingga saat ini masih belum ada rekomendasi yang diturunkan dari DPP PSI untuk siapa bakal calon Wakil Wali Kota Semarang yang akan diusung.

“Ya memang sudah ada beberapa nama-nama yang masuk dan diusulkan, namun belum ada rekom dari pusat. Ya yang jelas kita masih menjalin komunikasi, kalau dari kami sih inginnya dari kader (internal PSI) sendiri, tapi kita lihat nanti,” katanya saat acara silaturahmi pengurus PSI DPW Jateng dan DPD Kota Semarang dengan Dico Ganinduto, Sabtu malam 13 Juli 2024.

Sementara itu, Ketua DPW PSI Jateng, M. Farkhan, dalam acara tersebut mengatakan, sekarang ini dengan diusungnya Dico Ganinduto oleh Golkar dan PSI akan menjadi energi yang luar biasa, dan PSI siap memanaskan mesin partai jelang kontestasi Pilwakot Semarang 2024.

“PSI akan menjadi infantri di garda depan. Kebetulan sejumlah ketua partai sudah berkomunikasi dengan kami dan hampir semuanya dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), apalagi nanti kita akan jadi koalisi besar,” katanya.

Terpisah, Dico Ganinduto mengatakan, terkait sosok Bacalon Wakil Wali Kota Semarang yang akan mendampinginya, dirinya memasrahkan hal tersebut kepada keputusan partai-partai koalisi pengusung.

“Soal wakil (Wawali) kami (Golkar) sudah berkomunikasi dengan PSI dan sudah ada beberapa nama yang diajukan namun belum final. Nanti dari komunikasi dan konsolidasi dengan partai partai lain kita uji dan sepakati. Kita juga nanti akan melihat menjelang pendaftaran nanti seperti apa,” katanya.

Dico mengaku, setelah dirinya mendapat rekomendasi maju menjadi Bacalon Wali Kota Semarang, saat ini dirinya konsentrasi menjalin komunikasi dengan partai-partai lain yang ada di Kota Semarang untuk menjalin koalisi menghadapi kontestasi Pilwakot Semarang 2024.

“Kita akan berkomunikasi dengan partai lain untuk berkoalisi, kita juga sedang konsolidasi dengan partai untuk mempersiapkan segalanya termasuk menyusun rencana program kerja dan menyosialisasikannya ke masyarakat,” katanya.

Hery Priyono