Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Edi Ristriyono (berdiri) saat memberikan sambutan di Pendapa Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri.(Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Edi Ristriyono, menegaskan, abdi negara harus siap membantu dan mengatasi segala persoalan yang ada pada masyarakat.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, penegasan Dandim tersebut disampaikan saat melakukan kunjungan ke Kecamatan Sidoharjo dan Kecamatan Girimarto.

Di Kecamatan Sidoharjo, disambut Camat Sarosa, ketika kemudian datang di Kecamatan Girimarto disambut Plt Camat setempat, Titik Surpriyanto. Penyambutan Dandim, masing-masing dilakukan bersama jajaran Forkompimcam yang terdiri atas Danramil dan Kapolsek.

Dandim hadir bersama sejumlah Perwira Staf. Pertemuan silaturahmi bersama Dandim, digelar di Pendapa Kecamatan., diikuti para aparat dari Kantor Kecamatan Sidoharjo dan Girimarto, para Kepala Desa (Kades), Petugas Pertanian Lapangan (PPL), dan para Pimpinan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Dandim dalam kesempatan tersebut mengedepankan tentang pentingnya program ketahanan pangan, guna menjaga stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Untuk mendukung pelaksanaan program ini, tandas Dandim, memerlukan peran aktif dari semua pihak, termasuk Gapoktan.

Pompanisasi

“Gapoktan memiliki peran penting dalam menjaga ketahanan pangan di wilayahnya. Oleh karena itu, saya mengajak untuk bersama-sama dalam mensukseskan program ketahanan pangan,” tegas Dandim Letkol (Inf) Edi Ristriyono.

Lebih lanjut, Dandim menyampaikan beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh Gapoktan untuk mendukung sukses pelaksanaan ketahanan pangan. Yakni meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi padi, jagung dan tanaman pangan lainnya. Juga mengoptimalkan penggunaan lahan, melakukan diversifikasi tanaman pangan, meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk dan pestisida, serta memperkuat kelembagaan Gapoktan.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim juga menyampaikan bantuan pompanisasi dari Kementan Republik Indonesia (RI), merupakan solusi cepat dalam mengatasi masalah pertanian. Utamanya untuk mendukung swasembada pangan. Yakni pengairan sawah yang terancam kekeringan, sehingga tetap produktif di tengah musim kemarau berkepanjangan akibat fenomena iklim El Nino.

Secara khusus, orang pertama di jajaran TNI AD Kabupaten Wonogiri ini, juga melakukan silaturahmi ke Koramil Sidoharjo dan Koramil Girimato, untuk memberikan pesan secara internal kepada jajaran Koramil sebagai aparat teritorial.

Termasuk memberikan pesan kepada para personel Babinsa, untuk senantiasa siap melakukan pendampingan para PPL dan petani, di wilayah binaannya masing-masing. Hal ini penting dilakukan, dalam upaya mendukung suksesnya program ketahanan pangan.
Bambang Pur