Penyerahan bantuan untuk korban gempa yang rumahnya rusak, Kamis 11 Juli 2024. Foto Diskominfo Batang.

BATANG (SUARABARU.ID) – Korban bencana gempa yang menyebabkan rumahnya rusak akan diberikan bantuan oleh penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana.

“Benar, rumah yang rusak yang disebabkan gempa bumi kemarin akan mendapatkan bantuan sesuai kerusakannya,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD Batang Ulul Azmi saat ditemui usai pendistribusian bantuan sembako di Jalan Veteran Batang, Kabupaten Batang, Kamis (11/7/2024).

Identifikasi bantuan yang rumah itu jika rusak berat tidak rubuh mendapatkan bantuan sebesar Rp10 juta dan rusak berat tembok rubuh akan mendapatkan bantuan sebesar Rp15 juta.

“Untuk rumah yang rusak ringan sudah diperbaiki pemilik dengan sendirinya, mulai hari ini beberapa sudah melakukan renovasi rumahnya. Kalau fasilitas lainnya seperti kantor pemerintahan akan dilakukan perbaikan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing yang bersangkutan,” jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, fasilitas sekolah akan diberikan bantuan untuk SD dan SMP yang terdampak saja. Untuk SMA dan SMK itu ranahnya provinsi yang memberikan bantuan.

“Bantuan renovasi selain dari Pj Gubernur Jateng ada dari Polres Batang kemarin memberikan semen untuk perbaikan rumah secara gotong royong,” pungkasnya.

Nur Muktiadi