Rektor USM Dr Supari ST MT (putih), memperoleh penghargaan dari KONI Kota Semarang, yang diberikan oleh Arnaz Agung Andrarasmara. Foto: konikota

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Rektor Universitas Semarang (USM), Dr Supari ST MT, memperoleh penghargaan dari KONI Kota Semarang, atas kepeduliannya pada sejumlah mahasiswanya yang menjadi atlet Kota Semarang dan Jawa Tengah.

Ketua KONI Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara, memberikan langsung penghargaan itu pada Rektor USM, pada acara yang digelar di Hotel Quest, Semarang, Kamis (11/7/2024). KONI memang menggelar acara itu, sebagai bentuk apresiasi pada sejumlah stakeholder, yang membantu pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga di Kota Semarang.

Dalam keterangannya, Arnaz menyebutkan, hingga tahun 2023 sedikitnya ada 13 perguruan tinggi yang telah memberikan beasiswa untuk para atlet berprestasi. Selain itu, beberapa rumah sakit dan BPJS Ketenagakerjaan, juga mem-back up atlet KONI Kota Semarang, yang membutuhkan perawatan.

BACA JUGA: Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM Binaan Iwapi Jateng

”Para atlet ini adalah patriot, tidak hanya bagi Kota Semarang, namun juga bagi Bangsa Indonesia. Karena mereka sudah mempersembahkan kemampuan terbaiknya untuk meraih medali,” kata dia.

Ditambahkannya, konteks kerja sama saling menguntungkan ini tentu juga harus berbasis pada organisasi yang baik dan profesional. Saat ini KONI Kota Semarang sudah memberikan teladan, dengan diraihnya sertifikasi ISO 9001:2015, yang selayaknya diikuti dengan perubahan manajemen dari para pengurus cabor.

”Kami sudah mengalokasikan anggaran untuk Program Semarang Emas (PSE), dan juga asuransi ketenagakerjaan, yang arahnya untuk mensejahterakan atlet dan pelatih,” imbuh Arnaz, yang juga Ketua Kadin Kota Semarang ini.

BACA JUGA: Mahasiswa Ilkom USM Angkat Potensi Desa Wisata Kandri melalui Video Profil

Dirinya mengakui, KONI bukanlah “Superman”, yang bisa menyelesaikan seluruh persoalan atlet. Namun pihaknya akan terus memberikan program kesejahteraan atlet. Dalam kesempatan itu, dilakukan pula penandatanganan naskah kerja sama dengan RS Siloam, RS Columbia dan BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Wali Kota Semarang melalui Sekdin Dispora, Sutarni menyatakan, pihaknya akan terus mendukung KONI Kota Semarang, dalam pembinaan olahraga.

”Karena prestasi yang didapatkan selama ini, berkat kerja keras semua pihak, stakeholder, atlet, pelatih dan pengurus KONI Kota Semarang, serta komitmen kuat dari semua pihak yang ada,” tandas dia.

Riyan