Wali Kota Muchamad Nur Aziz bersama Wakil Wa;i Kota M Mansyur senam bersama warga Kota Magelang (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Warga Kota Magelang antusias mengikuti Lomba Senam Kreasi Rodanya Mas Bagia, di ALun-alun Kota Magelang, Minggu (7/7).

Lomba ini diselenggarakan Pemkot Magelang dalam rangka implementasi Program ‘Pemberdayaan Masyarakat Maju Sehat dan Bahagia (Rodanya Mas Bagia)’ untuk meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan masyarakat.

Lomba Senam Kreasi Rodanya Mas Bagia diikuti 561 peserta dari 17 kelurahan se-Kota Magelang. Mereka terbagi dalam beberapa tim. Masing-masing membawakan gerakan senam kreasi dengan lagu wajib jingle Rodanya Mas Bagia.

Ketua Panitia Lomba Senam Kreasi Rodanya Mas Bagia, Catur Adi Subagio menjelaskan, kegiatan ini untuk membumikan Program Rodanya Mas Bagia dengan kegiatan olahraga yang 4M (Murah, Mudah, Massal, Meriah).

‘’Maksud dan tujuannya adalah untuk mempertajam budaya olahraga masyarakat, membumikan Program Rodanya Mas Bagia melalui kompetisi olahraga yang menyenangkan, dan meningkatkan kebahagiaan masyarakat,’’ ujar Catur.

Para juara Lomba Senam Kreasi Rodanya Mas Bagia. (Bag Prokopim, Pemkot Magelang)

Kompetisi senam sudah dimulai sejak 19 Mei 2024 dari lomba tingkat kelurahan dan puncaknya lomba tingkat Kota Magelang.

Sebelum berlomba, diadakan senam bersama Wali Kota Muchamad Nur Aziz, Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur, ASN/pegawai, LPM, tim penggerak PKK, mahasiswa hingga komunitas senam seluruh Kota Magelang. Total peserta senam bersama mencapai 1.400 orang.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, menyampaikan apresiasi atas antusiasme warga dalam mengikuti lomba ini. Melalui lomba ini, diharapkan masyarakat semakin termotivasi untuk berolahraga dan menjaga kesehatan.

‘’Kita mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan selalu menyempatkan waktu untuk olahraga. Di sini bisa bahagia berkumpul handai tolan. Kegiatan ini bagus, mudah-mudahan jadi budaya, dikreasikan, (meskipun) sederhana, ringan dan massal tapi luar biasa, apalagi dikombinasi dengan bersepeda,’’ terangnya.

Lomba Senam Kreasi Rodanya Mas Bagia ini dimeriahkan dengan berbagai penampilan hiburan. Di akhir acara, dewan juri mengumumkan para pemenang lomba sebagai berikut:

Daftar Juara Lomba Senam Kreasi Rodanya Mas Bagia
1. Utama 1 nomor 04 Tim Widiyati (Jurangombo Utara)
2. Utama 2 nomor 19 Tim Macan (Kedungsari 1)
3. Utama 3 nomor 20 Tim Jier en Squad (Rejowinangun Utara)
4. Harapan 1 nomor 43 Tim Srikandi Aero (Gelangan)
5. Harapan 2 nomor 49 Tim Krasel (Kramat Selatan)
6. Harapan 3 nomor 37 Tim Edelweis (Rejowinangun Selatan)
7. Juara Favorit nomor 11 Tim Wates 2.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan beasiswa kepada 145 mahasiswa berprestasi masing-masing Rp.3 juta. Beasiswa tersebut berasal dari Pemkot Magelang untuk 100 mahasiswa, dan dari Baznas Kota Magelang untuk 45 mahasiswa. (prokompimkotamgl)