Warga bersama Polisi dan Tentara Blora Rumpun Bambu Tumbang di Sungai Pelem Kecamatan Blora. Rabu 3 Juli 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) –  Warga Desa Pelem, Kecamatan Blora bersama anggota Polsek Blora dananggota Koramil 01/Blora bahu-membahu melaksanakan kerja bakti membersihkan rumpun bambu yang roboh ke sungai.

Aparat bersinergi melakukan kegiatan bersih – bersih rumpun bambu (dhangkel) yang mengakibatkan aliran sungai menjadi tidak lancar dan berpotensi bisa menimbulkan banjir saat musim hujan nanti.

Kegiatan kerja bakti ini dilakukan pada Rabu 3 Juli 2024, bertempat di sungai Desa Pelem, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora Jawa Tengah, tampak warga antusias membersihkan rumpun bambu yang ada di tengah sungai tersebut.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Blora Polres Blora, AKP Rustam menyampaikan bahwa agar meningkatkan kewaspadaan pada saat musim hujan maupun musim kemarau.

“Untuk memperhatikan lingkungannya khususnya sungai dan saling jaga serta koordinasi supaya aman dan lancar,” tegas Kapolsek Blora.

Lebih lanjut, Kapolsek Blora Polres Blora menjelaskan bahwa, selain sebagai sarana silaturahmi, dalam kegiatan tersebut, pihaknya ingin mengajak warga untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan di lingkungan masing-masing.

Hindari Bencana Alam

“Intinya ingin menggugah kesadaran masyarakat, agar ikut peduli menjaga lingkungan, Apabila tiap desa peduli, maka  masyarakat akan terjaga aman,” jelas Kapolsek Blora.

Sementara itu, Danramil 01/Blora Kodim Blora 0721/Blora, Kapten Inf Subeno mengungkapkan bahwa kerja bakti ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab bersama untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor.

“Rumpun bambu yang roboh ini telah menyumbat aliran sungai selama beberapa waktu lalu. Jika tidak segera dibersihkan, dikhawatirkan akan menyebabkan banjir saat musim hujan tiba nanti,” ucap Danramil 01/Blora.

Danramil Blora juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah di sembarangan tempat, jangan buang sampah ke sungai.

“Mari kita jaga kebersihan lingkungan bersama-sama, agar terhindar dari berbagai bencana alam,” imbuh Danramil 01/Blora.

Salah satu warga Desa Pelem, Kecamatan Blora, Nastain (45) mengatakan pihaknya mengucapkan banyak terimakasih atas kepedulian petugas untuk menyempatkan membersihkan rumpun bambu yang ada di tengah sungai.

“Terima kasih atas kepedulian Polsek dan  Koramil Blora, tentunya wargapun makin semangat, dengan adanya perhatian dari pak Polisi dan pak Tentara.” ujar Nastain.

Kudnadi Saputro