Ketua DPD Partai Golkar Wonogiri, Bondan Sejiwan Bomo Aji (deret depan kedua dari kanan menerima pataka), besok akan tampil memprakarsai upaya membangun koalisi 6 Parpol untuk mengusung Bakal Calon Bupati pada Pilkada 27 Nopember 2024 mendatang.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Untuk menghindari kasus Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 melawan bumbung kosong, Jumat besok (5/7/24), enam Partai Politik (Parpol) akan mendeklarasikan koalisi. Keenam Parpol non-PDI Perjuangan ini memiliki sebanyak 23 dari 50 kursi yang ada di DPRD Kabupaten Wonogiri

Demikian ditegaskan oleh tiga Pimpinan Parpol di Kabupaten Wonogiri, terdiri atas Ketua DPD Partai Golkar Bondan Sejiwan Bomo Aji, Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN), Sardi, dan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Zarif.

”Betul, Jumat siang besok, kami akan mendeklarasikan koalisi,” jelas Ketua DPD PAN Wonogiri, Sardi, dan Ketua DPD PKS Ahmad Zarif. Upacara deklarasi koalisi, tambah Bondan, akan digelar di Joglo Puri Kamulyan, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri Kota, tepatnya di sisi barat Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Keenam Parpol yang akan menjalin koalisi tersebut, terdiri atas Partai Golkar yang mempunyai 7 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 5 kursi, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 4 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 3 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat masing-masing 2 kursi.

Kata Bondan, koalisi menghadapi Pilkada Tanggal 27 Nopember 2024 mendatang, tidak terbatas hanya 6 Parpol Parlemen saja. Tapi juga akan membangun kebersamaan dengan 11 Parpol non-Parlemen yang pernah sama-sama mengikuti kontestasi dalam Pileg Bulan Februari 2024 lalu.

Manuver
Menurut Bondan, yang penting sekarang dilakukan, adalah membangun koalisi kebersamaan dulu. ”Pada prinsipnya, kami sepakat membangun kebersamaan untuk membentuk koalisi,” tegas Bondan. Soal siapa calon Bupati-Wakil Bupati yang nanti akan diusung, tambahnya, itu akan kami bicarakan lebih lanjut, tegasnya.

Bondan adalah Caleg Partai Golkar Provinsi Jateng yang menduduki peringkat teratas perolehan dukungan suara dalam Pileg 2024 lalu. Berangkat dari Daerah Pemilihan (Dapil)-6 Jateng (Wonogiri, Karanganyar dan Sragen), Bondan yang menjabat Ketua DPD AMPI Provinsi Jateng ini, pada Pileg 2024 lalu mendapatkan dukungan suara sebanyak 104.658. Ini menjadi perolehan dukungan terbanyak diantara semua Caleg Partai Golkar di Jateng.

Sebagaimana diberitakan, Partai Gerindra Wonogiri telah menerima pendaftaran Bakal Calon Bupati atas nama Tarso. Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Wonogiri ini, telah melakukan manuver loncat kandang untuk mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati Wonogiri melalui DPD Partai Gerindra. Partai Gerindra Wonogiri, juga telah menderima pendaftaran Bakal Calon Wakil Bupati atas nama Siti Hardiyani yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Wonogiri dari unsur Fraksi Partai Gerindra.

Sementara itu, DPC PDI Perjuangan Wonogiri Pimpinan Bupati Joko Sutopo, telah menerima pendaftaran dari Bakal Calon Bupati Edi Herlambang dan Setyo Sukarno. Edi Herlambang dikenal sebagai pengusaha sukses di Jakarta. Kemudian Setyo Sukarno saat ini menjabat Wakil Bupati Wonogiri dan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Wonogiri.

PDI Pwerjuangan Wonogiri yang memiliki 27 kursi di DPRD Wonogiri dan menjadi kekuatan politik mayoritas (54 persen), menjadi satu-satunya Parpol yang mampu secara mandiri mengusung Bakal Calon Bupti-Wakil Bupati pada Pilkada 27 Nopember 2024 mendatang.
Bambang Pur