Tiga tim balap rally kejurnas Pertamax Turbo Sprint Rally putaran III naik podium juara setelah menyelesaikan balapan di sirkuit Klipang, Tembalang, Minggu 30 Juni 2024. Foto : dok. Pertamina

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pertamax Turbo Sprint Rally Putaran Ketiga Tahun 2024, Pertamina berpartisipasi sebagai dalam acara tersebut dengan mengedepankan Pertamax Turbo untuk mendongkrak performa pembalap rally  yang berlangsung sejak Sabtu 29 Juni 2024 hingga Minggu 30 Juni 2024 di Sirkuit Klipang Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

Kejuaraan berskala nasional ini adalah putaran ketiga yang sebelumnya telah diselenggarakan di Yogyakarta dan diikuti oleh sekitar 131 pereli (pembalap sprint rally) yang berasal dari berbagai daerah.

“Setelah melihat antusias para pembalap yang menggunakan Pertamax Turbo, Pertamina kembali mendukung kejuaraan ini dan mendengar banyak pengalaman para pembalap dan mekanik yang telah tahunan menggunakan Pertamax Turbo untuk mobil balap mereka,” ungkap Area Manager Communication, Relation & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho, Rabu 3 Juli 2024.

Brasto juga menambahkan bahwa pihaknya menyediakan booth untuk aktivasi My Pertamina yang di lokasi tersebut sejak Sabtu (29/6) hingga Minggu (30/6) untuk mempromosikan pembelian electronic voucher (e-voucher) BBM MyPertamina.

“Bagi pengunjung yang telah membeli e-voucher berhak mendapatkan berbagai merchandise dengan memutar spinning wheel di booth Pertamina,” jelas Brasto.

Ia menambahkan bahwa para  pembalap menguji  kemampuan berkendara offroad dengan kontur jalur datar dan jalur bukit yang perlu didukung dengan bahan bakar berkualitas seperti Pertamax Turbo.

Salah satu mekanik tim balap yang ditemui di lokasi, Kiki mengungkapkan bahwa dengan kondisi balap dan medan tanah, bahan bakar Pertamax Turbo cocok digunakan karena membuat mesin tidak cepat panas dan menjaga sparepart mobil agar tidak cepat aus.

“Medan kejuaraan yang menantang ini perlu didukung dengan BBM yang membantu tarikan terasa ringan dan responsif pada mesin seperti BBM Pertamax Turbo ini,” jelasnya.

Ajang Kejurnas Sprint Rally ini akan digelar hingga (6) enak putaran yang akan berakhir di pertengahan September nanti di Jawa Timur.

“Pertamina Patra Niaga mengakui bahwa kegiatan ini mampu menaikkan penjualan Pertamax Turbo di SPBU sekitar lokasi perlombaan,” ungkap Brasto.

Di rentang 27-30 Juni 2024, penjualan Pertamax Turbo di SPBU 44.502.10 naik hingga 150% dari rata-rata normal harian dari 200 liter per hari naik menjadi 500 liter per hari.

“Ini membuktikan bahwa kualitas Pertamax Turbo sangat berperan penting dalam lomba lomba balap di Indonesia khususnya, dan kami akan terus menghadirkan lebih banyak titik penjualan Pertamax Turbo di Indonesia,” tutup Brasto.

Hery Priyono