Tiga mahasiswa UKSW mengikuti Erasmus Mobility Program Prancis. Foto: UKSW

Secara akademik, alumni SMA Masehi Jepara ini berharap program ini akan membuka peluang baginya untuk melanjutkan studi di bidang terkait. Ia juga berharap pengalaman ini membuka peluang untuk melanjutkan studi di bidang terkait dan berkontribusi dalam pengelolaan situs warisan di Tanah Air. “Selain itu, secara budaya, saya cukup tertarik untuk mengetahui bagaimana orang Prancis menjalani hari-hari mereka, juga tertarik dengan gastronomi mereka,” imbuhnya.

Abednego Dwika Wardhana, atau yang akrab disapa Abe, juga mengungkapkan kegembiraannya. “Saya ingin melihat stadion markas Paris Saint-Germain,” ucap alumni SMK Negeri 2 Salatiga ini. Abe menekankan bahwa program ini sesuai dengan impiannya untuk mengikuti program internasional dan memperluas wawasan.

“Saya ingin mempelajari cara merawat situs heritage yang ada di Prancis yang dapat diterapkan untuk situs heritage di Indonesia. Selain itu, juga bagaimana menjadikannya sebagai destinasi wisata edukasi untuk masyarakat secara umum,” ucap mahasiswa yang mempunyai prinsip untuk yakin dengan apa yang dikerjakan dan berserah kepada Tuhan ini.

Virli Amelia Ika mengaku sangat bersyukur mendapatkan kesempatan emas mengikuti kegiatan ini, mengaku sudah mulai belajar bahasa Prancis untuk keperluan sehari-hari. Ia mengisahkan, dalam beberapa hari ini mereka telah mengunjungi Museum MNHN dan Botanical Garden Jardin de Plantes didampingi mahasiswa dari MNHN.

“Menurutku, pengalaman yang paling menarik adalah mengunjungi Ménagerie, le zoo du Jardin des Plantes, Paris karena merupakan salah satu kebun binatang tertua di dunia. Di sana kami melihat berbagai jenis binatang juga bahkan bertemu dengan binatang asli Indonesia seperti halnya Orang Utan,” ungkap alumni SMA Negeri 1 Katingan Hilir, Kalimantan Tengah ini.

Mahasiswi 21 tahun ini berharap dapat memperkaya wawasan terkait dengan tourism heritage dan mengenal budaya Prancis secara langsung. “Harus berani mencoba setiap peluang yang ada, terutama yang mendukung pengembangan diri,” pesan Virli yang menjadikan keberanian mencoba hal baru dan memanfaatkan peluang sebagai kunci keberhasilannya lolos program tersebut.

Ning S