Sejumlah mahasiswa Ilkom USM, belum lama ini menggelar program pengabdian masyarakat di Kelurahan Sukorejo, Kabupaten Kendal. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM), belum lama ini menyelenggarakan program pengabdian masyarakat. Program ini dilaksanakan di Kelurahan Sukorejo, Kabupaten Kendal, dengan tema ‘Pelatihan Digital Marketing dan Regenerasi Perempuan untuk Optimalisasi Pemasaran dan Penjualan UMKM’.

Salah satu tujuan kegiatan ini yakni, untuk meningkatkan keterampilan digital marketing dan kesetaraan gender, dalam konteks pemasaran UMKM. Hadir dalam kegiatan ini, Ketua MBKM Muzib Fahmi Bahroni, Ketua Program Studi S1 Ilmu Komunikasi USM Edi Nurwahyu Julianto dan Ketua Pengelola Kampung Jawi Siswanto.

Dosen Ilmu Komunikasi yang juga owner Bebek Rempah, Natalia Sari Pujiastuti, membagikan pengetahuannya dalam mengelola UMKM. ”Semangat menjadi modal dalam eksplorasi bakat atau usaha yang akan ditekuni. Bisnis juga bisa terbentuk dari modal nekat atau tekad,” kata dia.

BACA JUGA: Mahasiswa Magister Hukum USM KKL di Komisi Yudisial

Dalam kesempatan itu juga, Rizki Cahya, salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi ikut berbagi pengetahuan, mengenai strategi konten dalam bisnis. Hal itu dia sampaikan kepada pelaku UMKM dan ibu-ibu PKK Kelurahan Sukorejo.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian plakat kepada Ketua Pengelola Kampung Jawi, sebagai bentuk penghargaan atas partisipasinya dalam kegiatan ini. ”Melalui Acara ini, semoga dapat memberikan dampak yang positif dan kontributif, bagi pengembangan UMKM di Kelurahan Sukorejo,” tukas Siswanto.

Riyan