Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi memberikan penghargaan kepada tiga personel jajarannya (1/7/2024). Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 Polda Jawa Tengah digelar di depan Balai Kota Semarang, Senin (1/7/2024). Dalam acara tersebut menampilkan berbagai atraksi dan parade yang memukau dan menarik perhatian masyarakat yang hadir.

Upacara tingkat Polda Jateng ini dihadiri Forkopimda Provinsi Jawa Tengah, Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol), Gubernur Akademi Militer (Akmil), para Forkopimda kota dan kabupaten se-Jawa Tengah, pimpinan TNI dari berbagai matra, sejumlah pimpinan media, tokoh agama, dan masyarakat.

Kapolda Jawa Tengah juga melakukan penyematan Tanda Kehormatan Bintang Nararya kepada tiga personel yaitu AKBP Tri Wisnugroho Yulianto (Kasat Samapta Polrestabes Semarang), AKP M. Ginong (Ps. Kasilog Satbrimob Polda Jateng), dan Aipda Damanhuri (Ba Batalyon A Sat Brimob Polda Jateng). Penghargaan ini diberikan atas jasa besar dan keberanian, kebijaksanaan, kemampuan, serta ketabahan mereka yang melampaui panggilan kewajiban, tanpa cacat selama menjadi anggota Polri.

Luthfi menyampaikan, Hari Bhayangkara merupakan momen refleksi bagi anggota Polri untuk introspeksi diri dalam pengabdian ke depan. “Saya selaku Kapolda Jateng memohon maaf apabila pengabdian Polri pada masyarakat di Jawa Tengah mungkin dirasa kurang maksimal,” ujarnya.

Kapolda juga menyampaikan rasa bangga atas kerja sama seluruh pihak dalam peringatan Hari Bhayangkara kali ini, yang menjadi momen terakhirnya memperingati Hari Bhayangkara sebagai anggota Polri.

“Saya ikut bangga karena momentum Hari Bhayangkara ke-78 ini adalah yang terakhir saya ikuti sebagai anggota Polri. Namun ini bukanlah perpisahan karena perpisahan hanya bagi mereka yang mencintai melalui mata, sedangkan bagi yang mencintai dengan hati dan jiwa, tidak ada yang namanya perpisahan,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda juga meminta doa restu dari seluruh masyarakat Jawa Tengah. “Kami mohon doakan Polisi yang ada di Jawa Tengah menjadi polisi yang dicintai masyarakat untuk lebih baik lagi. Kalau polisinya baik, saya yakin masyarakatnya akan lebih baik,” lanjutnya.

Selain upacara dan parade, masyarakat Kota Semarang juga dapat mengunjungi pameran bazaar UMKM dari seluruh Polres jajaran yang digelar di sepanjang Jalan Pemuda, menambah kemeriahan peringatan HUT Bhayangkara ke-78 tahun ini.

Ning S