Ketua DPC PDIP Sragen Untung Wibowo Sukowati didampingi Sekretaris Suparno menyerahkan tokoh wayang Werkudara,  di Kantor Partai Jl.Raya Sukowati Barat, Sine,  Sragen, Sabtu (29/6/2024) malam. Foto: Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID)– Memperingati Bulan Bung Karno, DPC PDIP Sragen menggelar pentas wayang kulit serta angkringan gratis untuk khalayak. Pentas Wayang kulit dengan dalang Ki Simon Darsono digelar di Pendapa Kantor DPC PDIP di Jalan Raya Sukowati Barat, Sabtu (29/6/2024).

“Pentas wayang kulit dengan lakon Pandhu Swarga ini untuk memperingati Bulan Bung Karno, sekaligus Sosialisasi media tradisional, melestarikan Budaya Jawa Tengah,” tutur Ketua DPC PDIP Sragen Untung Wibowo Sukowati yang akrab disapa Mas Bowo itu.

Anggota Komisi D DPRD Provinsi itu  menjelaskan undangan selain pengurus ranting, PAC dan DPC serta Caleg pemenang Pileg 14 Februari 2024, juga mengundang warga sekitar kantor partai. Sebelum pentas wayangan, ratusan warga disuguhi makan dan minum angkringan gratis.

Panitia pementasan juga membagikan hadiah doorprize tujuh sepeda serta puluhan barang elektronik.

Sekretaris DPC PDIP Sragen Suparno mengungkapkan pentas wayang mencerminkan bekti atau perilaku hormat dari tokoh Werkudara terhadap orangtuanya, Pandu Dewanata.

“Alkisah, Werkudara membebaskan orangtuanya Pandu Dewanata dan Dewi Madrim yang dihukum oleh dewa, karena pernah melakukan kesalahan,” tutur Suparno yang juga Ketua DPRD Sragen itu.

Werkudara akhirnya berhasil mengentaskan orangtuanya yang sudah pernah berjasa untuk bangsa dan negara yang sebelumnya dihukum di neraka oleh dewa, kemudian berhasil dibawa ke surga.

Anind