Penyerahan Tunggul Pelatihan kepada pimpinan Kursus dari Ka Kwarcab Grobogan di SMP Negeri 2 Toroh, Minggu 30 Juni 2024. Foto: Kwarcab Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Ketua Kwartir Cabang Grobogan, Kak Agus Siswanto membuka secara langsung pelaksanaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Kwartir Cabang Grobogan yang diselenggarakan di SMP Negeri 2 Toroh, Minggu (30 Juni 2024).

Di depan peserta KMD, Agus Siswanto menyampaikan bahwa tugas membina peserta didik pada kegiatan Kepramukaan merupakan tugas yang mulia,  dengan ketulusan hati para pembina mengantarkan peserta didik untuk menjadi seseorang yang memiliki karakater yang lebih baik, berkepribadian baik, mempunyai keterampilan dan kedisiplinan sehingga akan menjadi bekalnya di kehidupan yang akan datang.

“Perkembangan teknologi yang pesat menjadikan anak−anak harus didampingi orang tua ketika di rumah, sementara di Gugus Depan harus didampingi oleh Pembina sehingga dengan pembimbingan orang dewasa akan menjadikan anak− anak menjadi generasi yang hebat,” kata Agus Siswanto.

Anak– anak, tambah Agus Siswanto, ibarat kertas yang masih putih bersih belum ada tulisannya, mereka berproses untuk menjadi generasi yang lebih baik demi masa depannya.

Tingkatkan Kompetensi

“Kita berkewajiban mengantar mereka menjadikan mereka mempunya ilmu pengetahuan, ketrampilan dan kedisiplinan yang lebih baik, sehingga untuk menjadikan seperti itu, seorang Pembina Pramuka harus senantiasa meningkatkan kompetensi diri untuk mengimbangi perkembangan teknologi” pungkas Ketua Kwarcab Grobogan

Pelaksanaan KMD diikuti peserta sebanyak 80 orang Pembina Pramuka dari Kwartir Ranting Toroh dan mulai Minggu 30 Juni akan berlangsung sampai dengan tanggal 6 Juli 2024, yang dibagi menjadi dua penjurusan, 40 orang mengikuti KMD Golongan Siaga dan 40 orang mengikuti Golongan Penggalang.

Tya Wiedya