Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong memberikan keterangan kepada media setelah memimpin latihan skuadnya di Lapangan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (9/11/2021).

SUARABARU.ID – Media Korea Selatan merespons soal perpanjangan kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) resmi memperpanjang kontrak Shin Tae-yong pada Jumat 28 Juni 2024, yang akan menjaga Shin sebagai pelatih Timnas Indonesia hingga 2027.

Nate Sports, salah satu media Korea Selatan, menyoroti kabar ini dengan nada pesimis. Mereka menyatakan bahwa keinginan Timnas Korea Selatan untuk mendapatkan jasa Shin Tae-yong kini mustahil terwujud.

“Mustahil sudah bagi Timnas Korea Selatan mendapatkan jasa pelatih Shin Tae-yong yang sudah memperbarui kontraknya di Timnas Indonesia hingga 2027,” tulis Nate Sports.

“Popularitas pelatih Shin Tae-yong di Indonesia sungguh di luar nalar dan imajinasi manusia. Sindrom serupa dialami pelatih Park Hang-seo yang memimpin Vietnam.”

Media tersebut juga mencatat bahwa dari sudut pandang PSSI, memperbarui kontrak Shin adalah langkah yang tidak bisa dihindari mengingat dampak positif yang telah diberikan Shin pada sepak bola Indonesia.

“Pada akhirnya, pelatih Shin Tae-yong tetap mempertahankan loyalitasnya dengan resmi menandatangani kontrak baru dengan Timnas Indonesia,” lanjut Nate Sports.

Sebelumnya, Shin Tae-yong sempat dirumorkan bakal menjadi pelatih Korea Selatan setelah KFA (PSSI-nya Korea Selatan) memecat Jurgen Klinsmann pasca Piala Asia 2023 Qatar.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengapresiasi kontribusi Shin Tae-yong terhadap sepak bola Indonesia.

“Coach Shin telah membawa Timnas sampai round 3 piala dunia dan sampai play off Olimpiade. Kinerjanya telah memberikan dampak positif bagi sepak bola Indonesia,” ujar Erick Thohir, dikutip dari laman resmi PSSI.

Sejak ditunjuk PSSI sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah mencatat sejumlah prestasi penting, seperti membawa Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar, lolos ke putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 untuk pertama kalinya, hingga membawa Timnas U23 melaju hingga semifinal Piala Asia U23 2024.

Perpanjangan kontrak ini menandakan kelanjutan kerjasama yang diharapkan akan membawa Timnas Indonesia semakin maju dan berprestasi di kancah internasional.

WP