Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana dan Ketua POSI Jateng Muchamad C Maretan, beserta para atlet, menyampaikan Salam Selam, sebelum bertolak ke Palembang untuk mengikuti kejurnas. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Pengprov Persatuan Olahraga Selam Indonesia (POSI) Jawa Tengah, Muchamad Chamad Maretan mengatakan, pihaknya menargetkan bisa meraih satu medali emas, satu perak dan satu perunggu, di ajang PON XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara, pada September mendatang.

Hal itu seperti yang dia sampaikan pada Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, di kantornya yang ada di Komplek GOR Jatidiri, Semarang, belum lama ini. Kehadirannya bersama beberapa atlet selam itu, sekaligus untuk berpamitan guna mengikuti Kejurnas Fin Swimming di Palembang, Kamis-Sabtu (27-29/6/2024) ini.

”Kalau Pak Bona menanyakan target, kami tidak mau muluk-muluk. Sesuai kondisi kami hanya menargetkan emas, perak dan perunggu masing-masing satu,” kata Maretan.

BACA JUGA: Tim PkM USM Beri Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Canva

Ditambahkan Bambang, selaku pelatih selam, target medali emas dibebankan kepada atlet SEA Games, Ashifa, dari nomor Surface. ”Dia telah memperkuat Indonesia pada SEA Games yang lalu, jadi wajar kalau kami targetkan satu medali emas,” ujarnya.

Adapun perak diprediksi bisa dari Syabila dan Stanley. Kemudian perunggu dari Dainovien. Sedangkan Kidung, Dewi Rengganis dan Andika, diharapkan juga untuk bisa tampil maksimal.

Cabor selam selama ini melakukan Pelatda di Kabupaten Wonosobo. Para atlet di bawah arahan pelatih Bambang dan Herawan, sengaja berlatih di daerah berhawa sejuk itu, untuk menyesuaikan arena lomba di Aceh nanti.

BACA JUGA: Marak Judi Online, Pemkab Jepara Terbitkan “Surat Cinta” untuk ASN

Sementara itu Bona berharap, agar target medali cabang selam bisa terwujud, bahkan kalau bisa melebihi target. Untuk itu, dia memberi wejangan kepada atlet untuk tekun berlatih guna mencapai prestasi yang diinginkan.

”Prestasi itu bukan hanya untuk hari ini, namun lebih dari itu sebagai modal untuk masa depan. Pelajari lawan dan ketahui kekuatan diri sendiri, agar bisa bertanding dengan sukses,” tegasnya.

Disampaikan juga olehnya, KONI telah mengajukan kepada Pemprov Jateng, untuk disediakan tali asih. Di antaranya untuk peraih medali emas sebesar Rp 250 juta. ”Anggaran tali asih itu dari Pemprov. Sedangkan dana yang ada di KONI saat ini untuk pembinaan dan pemberangkatan tim ke PON,” ungkapnya.

Dalam kejurnas nanti, tim Jateng terdiri dari Ashifa, ⁠Syabila, ⁠Kidung, dan ⁠Dewi Rengganis. Di bagian putra ada Dainovien, ⁠Andika, ⁠Stenly. Mereka didampingi Bambang dan Herawan ⁠(pelatih), serta Sungkowo (manajer tim).

Riyan