Untuk mempercepat pemadaman, personel Regu-1 Damkar Pemkab Wonogiri, menyemprotkan air dari mobil brandweer ke dalam ruang garasi dan gudang yang terbakar.(Dok.Damkar Pemkab Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Musibah kebakaran, Kamis siang (27/6/24), terjadi di Dusun Sidokriyo RT 01/RW 0, Desa Kerjolor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Amukan api, telah membakar rumah gudang dan garasi mobil beserta isi yang ada di dalamnya.

Dalam musibah kebakaran ini, dua unit mobil yang terparkir di dalam garasi ikut terbakar bersama barang-barang lain yang tersimpan di tempat tersebut. Dua unit mobil tersebut terdiri atas pikap dan jenis mini station.

Juga ikut terbakar satu unit mesin penggilingan padi (rice mill), satu unit sepeda motor bersama pompa Alcon dan peralatan bengkel perbaikan kendaraan lainnya.

Seorang dilaporkan menderita luka bakar, karena amukan si jago merah. Korban adalah Harno, pemilik gudang dan garasi yang terbakar tersebut.

Kepala Satpol-PP Kabupaten Wonogiri Joko Susilo dan Kabid Pemadam Kabakaran (Damkar) Joko Prayitno melalui Koordinator Lapangan Sriyanto Kembo, menyatakan, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan petugas. Ada dugaan, sumber api berasal dari konsleting listrik pada jaringan terpasang di dalam garasi dan gudang.

Pemilik bersama tetangga sekitar, tak beradaya dalam memadamkan kobaran api. Karena di lokasi tidak tersedia cukup air maupun alat pemadam. Terlebih setelah api makin berkobar, karena terjadi ledakan yang diduga dari tangki mobil yang berisi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Piket Damkar Pemkab Wonogiri menerima kontak permohonan bantuan pemadaman pada Pukul 14.00. Saat itu juga langsung dikirim Regu-1 Damkar Pemkab Wonogiri Pimpinan Danru Parno Pahing.

Pada Pukul 14.15, Tim Damkar Wonogiri yang membawa serta dua unit mobil brandweer tiba di lokasi. Tim yang berkekuatan 8 personel Fireman ini, langsung melakukan pemadaman, dibantu personel Polsek dari dari Koramil Ngadirojo. Juga membantu, Pamong Desa bersama warga masyarakat. Proses penuntasan pemadaman berlangsung sampai Pukul 15.30.
Bambang Pur